Bandung (ANTARA) - Kepolisian Daerah  Jawa Barat menyebutkan puncak kepadatan lalu lintas arus balik libur Natal diprediksi terjadi pada hari ini, Rabu (25/12).

Kabidhumas Polda Jawa Barat, Kombes Saptono Erlangga di Bandung, Rabu mengatakan kepadatan lalu lintas akan terjadi terutama di Tol Cipali yang mengarah ke Jakarta.

"Ini kan libur bersama sampai hari ini, dimungkinkan adanya arus balik yang ke arah Jakarta," ucapnya.
Baca juga: Contraflow diberlakukan antisipasi kepadatan Tol Cipali
Baca juga: Kepadatan arus lalu lintas masih terjadi di Tol Jakarta-Cikampek
Untuk itu pihak kepolisian akan melakukan langkah-langkah antisipasi guna mengurai kepadatan kendaraan. Salah satunya dengan diterapkannya rekayasa lalu lintas contraflow.

"Nanti juga akan diterapkan contra flow sampai dengan tol layang Japek II untuk memberikan akses lalu lintas tambahan yang mengarah ke barat," kata dia.

Selain itu pihaknya juga telah melakukan pemantauan arus lalu lintas ke wilayah jalur selatan. Berdasarkan pemantauan, belum ada kepadatan yang cukup berarti di wilayah jalur selatan daerah Jawa Barat.
Baca juga: Puncak kepadatan lalu lintas tol jakarta-Cikampek dipresdiksi malam ini
Baca juga: Puncak kepadatan ke arah Puncak diprediksi pukul 10.00 WIB


"Hari ini Pak Wakapolda, Brigjen Akhmad Wiyagus sedang melakukan pemantauan di selatan, ke arah Garut, Tasikmalaya sampai Ciamis," katanya.

Sebelumnya, PT Jasa Marga memprediksi sebanyak 338 ribu kendaraan akan kembali ke Jakarta pada puncak arus balik libur Natal.

Ratusan ribu kendaraan tersebut diprediksi akan masuk melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama, GT Cikupa, dan GT Ciawi.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019