Jakarta (ANTARA) - Kepala Kepolisian Sektor Kecamatan Matraman Komisaris Polisi (Kompol) Tedjo memimpin langsung pengamanan Hari Raya Natal 2019 di Gereja Santo Yoseph, Jakarta, Rabu.

Keberadaan Kapolsek Matraman di depan salah satu gereja tertua di Jakarta itu demi memastikan ibadah misa berlangsung berjalan aman dan nyaman.

"Sterilisasi telah dilakukan sejak kemarin. Sejauh ini, ibadah berjalan tertib dan aman," kata Kompol Tedjo saat ditemui di sela kegiatannya di halaman luar Gereja St Yoseph Matraman.

Ia menjelaskan selama perayaan Hari Raya Natal 2019, satu unit pos didirikan tepat di depan Gereja St Yoseph Matraman yang berfungsi sebagai pusat koordinasi antarsatuan pengamanan.

"Hari ini, ada dari Polsek Matraman, Satpol PP Pemerintah Kota Jakarta Timur, pihak militer dan pemadam kebakaran. Dari unsur masyarakat juga ada Banser dan Pramuka," kata Tedjo.

Baca juga: HKBP Rawamangun laksanakan lima kali Misa Natal 2019
Baca juga: Panglima TNI tinjau sejumlah gereja di Jakarta


Untuk perayaan Hari Natal 2019 di Gereja St. Yoseph, ada 58 personel Kepolisian yang siaga dalam sistem sif. Pihak Kepolisian dibantu 12 personel militer dan 15 petugas Satpol PP.

"Perkiraannya untuk hari ini akan ada kurang lebih 2.000 jemaat yang datang ke Gereja St. Yoseph. Untuk itu, kami akan siaga sampai pelaksanaan ibadah misa berakhir," kata dia.

Gereja St Yoseph Matraman menggelar empat kali ibadah misa yang berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB.

Tema yang diangkat oleh pihak gereja pada perayaan Natal tahun ini adalah "Hiduplah sebagai Sahabat Semua Orang".

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019