Zhengyuansi (ANTARA) - Dalam video daring pendek, seorang lelaki China dengan wajah bundar dengan sebuah gebrakan membuka tutup bir dengan satu sumpit.

Setelah menyesap, ia dengan cepat mengangkat botol ke mulutnya sambil membuat beberapa putaran tajam.

"Tornado" kecil terbentuk di dalam botol, dan Hebei Pangzai, atau "Si Gendut dari provinsi Hebei", seperti yang diketahui berusia 34 tahun di Twitter, meminumnya dalam hitungan detik.

Nama asli Hebei Pangzai adalah Liu Shichao. Pekerja serabutan berasal dari Zhengyuansi, sebuah desa tanpa naskah tempat semua orang saling mengenal.

Berkat internet, Liu sekarang memiliki lebih dari 130.000 pengikut di Twitter, yang tertarik pada klip cara minum birnya. Minggu ini, dia bahkan punya tiga teman Amerika baru mengunjunginya di desanya.

Klaim ketenarannya adalah video lama Liu yang dibagikan di Twitter pada Agustus. Unggahan itu menjadi viral, mendapatkan 12 juta penonton.

Dalam video itu, Liu terlihat membuka botol bir dengan sumpit, mencampur bir dengan beberapa minuman keras lainnya, termasuk Baijiu, minuman keras China yang kuat yang terbuat dari biji-bijian.

Dia menyalakan ramuan itu, menggunakan jarinya untuk mengambil sedikit nyala api untuk menyalakan rokoknya, lalu menenggak semuanya.

Dia mengatakan dia tahu ada sesuatu yang terjadi ketika dia pertama kali mendapatkan ratusan pengikut baru di Kuaishou, sebuah platform berbagi video pendek yang populer di kalangan orang-orang di kota-kota kecil China dan pedesaan. Mereka semua menulis komentar dalam bahasa Inggris.

Setelah melalui internet, Liu masuk ke Twitter, yang menghubungkannya dengan audiens di luar China.

Dia menolak untuk mengatakan bagaimana tepatnya dia masuk ke Twitter. Sementara perangkat lunak untuk mengelilingi Dinding api besar China tidak dilarang secara teknis, itu tetap merupakan bidang hukum yang keruh.

Liu pertama kali masuk ke Kuaishou pada tahun 2016.

"Salah satu video pertama yang saya lihat adalah video pemecah batu bata," katanya. "Video-video itu tampak palsu, dan kupikir aku bisa membuat yang asli."

Jadi dia melakukannya.

Dia juga mulai membuat video minum, dan kemudian, video memasak.

Pada puncak kemasyhurannya di internet China, ia memiliki lebih dari 400.000 pengikut Kuaishou. Ketika dia mengadakan siaran langsung, dia bisa mendapatkan hingga 300 yuan (42,62 dolar) pada hari yang baik.

Adapun ketenarannya saat ini, Liu tetap skeptis tentang menjadi influencer.

"Kamu tidak bisa bergantung pada ini untuk mencari nafkah. Ini hanya untuk ketika aku punya waktu luang."
(1 dolar AS = 7.0389 renminbi yuan Cina) (Pelaporan oleh Huizhong Wu; Editing oleh Ryan Woo)

Sumber: Reuters

Baca juga: "Ip Man 4" ungguli "The Rise of Skywalker" di China

Baca juga: Sensasi menjelajahi bukit salju Yabuli


 

Penerjemah: Maria D Andriana
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2019