Jakarta (ANTARA) - Ajax kembali menjaga jarak dari kejaran AZ Alkmaar di puncak klasemen usai berpesta gol ke gawang ADO Den Haag 6-1 dalam laga pekan ke-18 Liga Belanda di Amsterdam Arena, Minggu waktu setempat.

Raihan tiga poin membuat pasukan Erik ten Hag itu kembali memiliki selisih tiga poin dengan AZ Alkmaar (41 poin) yang pada pertandingan kurang dari 24 jam kalah dari Sparta Rotterdam, demikian catatan Liga Belanda.



Kemenangan ini juga menandai kembalinya Jong Ajax ke jalur kemenangan setelah menelan kekalahan dua kali beruntun di liga domestik. Sementara bagi ADO, mereka semakin terpuruk di zona degradasi dan baru mengumpulkan 13 poin.

Pada babak pertama, Ajax sudah unggul 4-0 berkat gol yang dicetak Hakim Ziyech pada menit ke-15, Donny van de Beek menit 23, Jurgen Ekkelenkamp menit 37, serta akselerasi dari Ryan Gravenberch dari dalam kotak penalti pada menit ke-39.

Meski sudah unggul 4-0, Hakim Ziyech dan kawan-kawan tak menurunkan intensitas serangan mereka di babak kedua.

Saat laga baru memasuki menit ketiga paruh kedua, Dusan Tadic tak ingin melewatkan kesempatan untuk mencatatkan namanya di papan skor dan membawa Ajax unggul 5-0.

Berawal dari skema apik satu dua antara Tadic dan Lassina Traore di dalam kotak penalti, Tadic mengakhirinya dengan sepakan yang mengarah ke sisi kiri gawang dan membuat kiper Koopmans hanya melihat bola menggetarkan jala gawang.

Baca juga: Jadwal Liga Belanda: AZ Alkmaar berpeluang gusur Ajax dari puncak

ADO tak bisa berbuat banyak di pertandingan kali ini, sesekali mereka hanya mengandalkan serangan balik. Namun, ketika akan melewati lini ketiga Ajax, bola selalu mentah di kaki pemain bertahan tuan rumah.

Lassina Traore semakin membenamkan ADO pada menit ke-63. Dusan Tadic bergantian menjadi kreator dari gol yang dibukukan Traore. Tadic yang lepas dari posisi off side mengirimkan bola silang yang hanya tinggal ditanduk Traore.

Pada menit 80, ADO harus bermain dengan 10 pemain setelah Danny Bakker mendapat kartu kuning kedua. Keunggulan jumlah pemain tidak bisa dimaksimalkan Ajax untuk kembali mencetak gol hingga jelang pertandingan berakhir.

Baca juga: Ajax, AZ dan PSV melenggang ke 16 besar Piala Belanda

Saat laga dirasa akan berakhir dengan skor 6-0, ADO mendapat gol hiburan lewat titik putih usai Lisandro Martinez melanggar Crysensio Summerville. John Goossens yang maju sebagai algojo mengubah papan skor menjadi 6-1.

Berikut susunan pemain:
Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Joel Veltman, Lisandro Martinez, Tagliafico, Sergino Dest; Donny van de Beek (Marin), Ryan Gravenberch: Hakim Ziyech (Noa Lang), Jurgen Ekkelenkamp (Sontje Hansen), Dusan Tadic; Lassina Traore.
Pelatih: Erik ten Hag

ADO Den Haag (4-4-2): Koopmans; Shaquille Pinas, Danny Bakker, Aaron Meijers, Milan van Ewijk (Erik Falkenburg); John Goossens, Lex Immers, Dion Malone, Thom Haye; Tomas Necid (Lorenzo van Kleef), Crysencio Summerville.
Pelatih: Alfons Groenendijk

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019