PSV bangkit dari ketertinggalan untuk lumat Zwolle 4-1

PSV bangkit dari ketertinggalan untuk lumat Zwolle 4-1

Aksi pemain PSV Eindhoven Cody Gakpo untuk mencetak gol ke-4 timnya kala melumat PEC Zwolle 4-1 dalam laga pekan ke-18 Liga Belanda yang digelar di Stadion Philips, Sabtu (21/12/2019) waktu setempat. (ANTARA/Twitter@PSV)

Jakarta (ANTARA) - PSV Eindhoven bangkit dari ketertinggalan untuk melumat PEC Zwolle 4-1 dalam laga pekan ke-18 Liga Belanda di Stadion Philips, Sabtu waktu setempat.

Jorrit Hendrix, Mohammed Ihattaren, Bruma, dan Cody Gakpo masing-masing menyumbang satu gol untuk membalas kecolongan yang dicatatkan Mustafa Saymak.

Dengan kemenangan ini menjadi debut manis Ernest Faber yang menjadi pelatih sementara PSV setelah Mark van Bommel dipecat pekan kemarin akibat rentetan buruk yang raih.

PSV kini menempati posisi ketiga klasemen sementara dengan 34 poin sekaligus memangkas jarak dengan AZ Alkmaar (41) pada posisi kedua yang dalam waktu bersamaan kalah 0-3 dari Sparta Rotterdam.

Namun PSV bisa disalip Willem II yang dalam pertandingan belakangan menjamu tim bawah klasemen Fortuna Sittard. Sementara Zwolle tertahan pada posisi 15 atau satu strip di bawah zona play-off degragasi dengan mengumpulkan 16 poin.

PSV harus tertinggal lebih dulu pada menit ke-12 setelah Mustafa Saymak menghukum kesalahan umpan Daniel Schwaab di lini pertahanan sendiri.

Lima menit berselang Jorrit Hendrix membuat kedudukan imbang 1-1 lewat sepakan keras dari sudut sempit gawang Michael Zetterer.

Baca juga: Dipecundangi Sparta, AZ Alkmaar gagal ambil alih puncak klasemen

Tuan rumah yang menguasai pertandingan berbalik unggul kala menit ke-26. Mohammed Ihattaren menciptakan gol melengkung untuk menaklukkan kiper Zwolle untuk kedua kalinya.

Serangan bertubi-tubi PSV membuahkan hasil saat laga babak kedua memasuki menit ke-51. Pemain pengganti, Bruma, mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan sapuan tak sempura pemain bertahan Zwolle.

Meski menang 3-1 tak membuat PSV mengendurkan serangan, bahkan mereka terus mengurung dan memaksa 10 pemain Zwolle berada di lini pertahanan sendiri.

Memasuki menit ke-72, Cody Gakpo membuat PSV semakin menjauh kala akselerasinya dari tengah lapangan berhasil mengelabui tiga pemain Zwolle. Ia yang kemudian tinggal berhadapan dengan kiper, dengan mudah melakukan sontekan untuk membawa PSV menang 4-1.

Baca juga: RKC petik kemenangan ketiga, tapi belum beranjak dari dasar klasemen

Berikut susunan pemain:
PSV (4-3-3): Lars Unnerstall; Denzel Dumfries, Daniel Schwaab, Nick Viergever, Jordan Teze, Timo Baumgartl; Pablo Rosario, Jorrit Hendrix (Bruma); Ritsu Doan (Ibrahim Afellay), Mohammed Ihattaren (Pereiro) Cody Gakpo; Steven Bergwijn.
Pelatih: Ernest Faber

PEC Zwolle: Michael Zetterer; Kenneth Paal, Thomas Lam, Sai Van Wermeskerken, Darryl Lachman; Rick Dekker (Dennis Johnsen), Pelle Clement, Dean Huibert (Mike van Duinen); Vito Van Crooij, Lennant Thy, Mustafa Saymak (Sam Kersten).
Pelatih: John Stegeman
Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019