Para kepala desa itu akan bisa belajar lebih banyak tentang pelindungan dan pemberdayaan perempuan sekaligus menjadi laporan bahwa Indonesia melakukan pelindungan dan pemberdayaan perempuan hingga tingkat desa,
Kota Semarang (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga mengatakan akan memberikan penghargaan kepada tiga kepala desa yang dinilai responsif gender pada Peringatan Hari Ibu 2019 di Kota Semarang.

"Kami akan memberikan penghargaan kepada tiga kepala desa yang anggaran pendapatan dan belanja desanya dinilai responsif gender," kata Bintang dalam jumpa pers Peringatan Hari Ibu 2019 di Kota Semarang, Sabtu.

Bintang menambahkan tiga kepala desa yang akan diberikan penghargaan tersebut masing-masing berasal dari wilayah Indonesia Timur, Tengah, dan Barat.

Baca juga: Menteri PPPA: Hari Ibu momentum berdayakan perempuan Indonesia

Tiga kepala desa tersebut, selain akan mendapatkan penghargaan dari Menteri PPPA, juga akan diajak pada sidang Komite Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan (CEDAW) PBB di New York.

"Para kepala desa itu akan bisa belajar lebih banyak tentang pelindungan dan pemberdayaan perempuan sekaligus menjadi laporan bahwa Indonesia melakukan pelindungan dan pemberdayaan perempuan hingga tingkat desa," tambahnya.

Baca juga: Menteri PPPA beri bantuan pada perempuan pejuang 45

Bintang mengatakan Peringatan Hari Ibu 2019 harus menjadi momentum untuk memberdayakan perempuan di seluruh Indonesia.

"Tema Peringatan Hari Ibu 2019 adalah 'Perempuan Berdaya Indonesia Maju'. Perempuan di seluruh pelosok Indonesia harus bisa berdaya," ujarnya.

Puncak Peringatan Hari Ibu 2019 akan diadakan di Kota Lama Semarang pada Minggu (22/12) sore.

Baca juga: Apresiasi Menteri PPPA dan pemberdayaan perempuan di Surabaya

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019