Jalur distribusi baik untuk APMS dan pangkalan elpiji telah berangsur pulih seiring akses jalan yang mulai terbuka
Palu (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) menyalurkan bantuan logistik untuk mengurangi penderitaan korban banjir bandang di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu.

"Bantuan ini berupa sembako dan susu untuk bayi, termasuk delapan tabung elpiji ukuran 5,5 kilogram untuk keperluan dapur umum. Bantuan diserahkan langsung ke posko induk di Desa Bolapapu yang diterima oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi," kata Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR VII Hati Ilwan di Sigi, Minggu.

Dia menjelaskan bantuan berupa kebutuhan dasar menjadi hal prioritas saat ini, sebab masyarakat tentunya membutuhkan pasokan logistik agar bisa bertahan hidup pada situasi tanggap darurat.

Pertamina juga membuka operasi pasar elpiji bersubsidi ukuran tiga kilogram di desa tersebut bekerja sama dengan Polsek Kulawi pada Sabtu (14/12) berjumlah 560 tabung.

Baca juga: Penyaluran bantuan korban banjir Kulawi lewat posko induk

Di wilayah itu terdapat sejumlah lembaga penyalur BBM dan elpiji Pertamina, di antaranya satu Agen Premium dan Minyak Solar (APMS) Pertamina (76.943.06) serta 12 pangkalan resmi elpiji tiga kilogram di Kecamatan Kulawi dan Kecamatan Kulawi Selatan, di mana dua diantaranya di Desa Bolapapu.

Dia menyebut beberapa lembaga penyalur tersebut sempat terdampak banjir bandang yang mengakibatkan putusnya akses jalan. Namun, permasalahan tersebut telah berhasil teratasi dan jalur distribusi sudah kembali normal.

“Jalur distribusi baik untuk APMS dan pangkalan elpiji telah berangsur pulih seiring akses jalan yang mulai terbuka,” ucap dia.

Banjir bandang disertai lumpur, kayu, dan batu di Desa Bolapapu terjadi pada Kamis (12/12) petang, mengakibatkan sekitar 57 rumah rusak terdiri atas tujuh rusak berat dan 50 rusak ringan, serta dua korban jiwa yang merupakan ayah dan anak.

Pascabanjir bandang, aliran bantuan terus berdatangan dari sejumlah pihak, baik berupa makanan siap saji maupun pakaian yang dinilai dibutuhkan para korban saat ini, termasuk relawan dan lembaga swadaya masyarakat yang ikut membantu pemulihan keadaan di lokasi bencana.

Baca juga: PRB dukung rencana Pemkab Sigi relokasi korban banjir di Kulawi
Baca juga: Korban banjir bandang Bolapapu butuh air bersih
Baca juga: Korban banjir Kulawi-Sigi dibantu BNPB Rp500 juta

Pewarta: Muhammad Hajiji/Moh Ridwan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019