Pemkot Palembang terima 17.000 jaringan gas rumah tangga

Pemkot Palembang terima 17.000 jaringan gas rumah tangga

Sejumlah pekerja melakukan penggalian pipa gas jaringan rumah tangga milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN) (Persero) Tbk di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (3/11). ANTARA/Nova Wahyudi

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan hingga Desember 2019 telah menerima 17.000 jaringan gas rumah tangga dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Jaringan gas rumah tangga itu sebagian mulai dinikmati warga dan sebagian lagi menunggu penyelesaian pembangunan rumah sektor jaringan gas, kata Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda ketika meninjau perkembangan pembangunan rumah sektor jaringan gas di Kelurahan Sako, Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, pihaknya mendukung program Kementerian Energi Sumberdaya Mineral (ESDM) membangun ribuan jaringan gas untuk rumah tangga di Bumi Sriwijaya ini, sehingga permasalahan kesulitan mendapatkan bahan bakar untuk kebutuhan memasak warga kota ini bisa diatasi.
Baca juga: Musi Banyuasin segera bangun jaringan gas RT

Pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga pada 2019 ini dikembangkan Kementerian ESDM di lima kecamatan yakni Kecamatan Seberang Ulu I, Seberang Ulu II, Jakabaring, Sako, dan Kecamatan Sematang Borang.

Perincian pembangunan jaringan gas itu yakni di Kecamatan Sematang Borang disebar di dua kawasan yakni Kelurahan Sri Mulya 974 sambungan dan Lebong gajah 1.024 sambungan.

Kecamatan Sako di Kelurahan Sako sebanyak 1.371 sambungan, Kecamatan Seberang Ulu I di Kelurahan 7 Ulu sebanyak 374 sambungan.

Kemudian di Kecamatan Seberang Ulu II di Kelurahan Tangga Takat 637 sambungan, sedangkan Kecamatan Jakabaring di dua kawasan yakni Kelurahan 8 Ulu 856 sambungan dan Kelurahan 15 Ulu 797 sambungan.
Baca juga: Pertamina EP pasok 48,97 persen gas RT

Perkembangan pembangunan jaringan gas untuk rumah tangga tersebut sesuai dengan rencana dan dalam waktu dekat semaunya bisa dimanfaatkan oleh warga kota ini, kata Wawako.

Salah seorang warga Lorong Pelita, Kelurahan Sako, Sopiah mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan Pemkot Palembang yang telah membangun jaringan gas ke kawasan permukimannya.

Dengan adanya jaringan gas ke rumah, dia bersama tetangga tidak sulit lagi melakukan isi ulang tabung gas yang sering habis di pasaran, ujar warga.
Baca juga: Kenaikan Harga Gas RT Bakal Picu Inflasi Desember
Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019