Audit sudah berjalan, kita harapkan audit itu akan keluar hasilnya mungkin dalam seminggu atau sepuluh hari ke depan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menyelesaikan kisruh antara Garuda Indonesia Group dan Sriwijaya Air Group bisa selesai dalam waktu seminggu.

"Audit terhadap kerja sama ini oleh BPKP. Audit sudah berjalan, kita harapkan audit itu akan keluar hasilnya mungkin dalam seminggu atau sepuluh hari ke depan," katanya di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi Jakarta, Kamis.

Luhut menuturkan BPKP dilibatkan agar lembaga itu bisa melakukan audit. Dengan demikian, pekerjaan yang dihasilkan bisa terjaga dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Karena bekerja jangan meraba-raba. Kerjanya berdasarkan hasil audit," katanya.

Baca juga: Kisruh Garuda dan Sriwijaya Air, pemerintah akan libatkan BPKP

Luhut juga memastikan, meski terjadi kisruh antara dua maskapai itu, dalam tiga bulan ke depan kerja sama keduanya tetap dilanjutkan.

"Kita sudah sepakat ditandatangani selama tiga bulan ke depan," katanya.

Terpisah, kuasa dan salah seorang pemegang saham Sriwijaya Air Yusril Ihza Mahendra mengungkapkan Garuda dan Sriwijaya telah melakukan pembicaraan pada 31 Oktober lalu dan menyepakati adanya perjanjian sementara di mana kerja sama akan diperpanjang selama tiga bulan ke depan dan pelayanan dilakukan seperti biasa.

Baca juga: Garuda-Sriwijaya negosiasi penyelesaian utang ke BUMN

"Kemudian dalam waktu yang tidak terlalu lama akan diadakan revisi perjanjian. Itu kami akan lakukan segera (revisi). Tentu saya akan bertanya juga kepada pemegang saham mayoritas apakah akan menerima proposal untuk meneruskan kerja sama atau malah akan menghentikan sama sekali. Itu nanti akan diputuskan segera dalam sehari dua hari ini," jelasnya.

"Jadi disepakati bahwa perjanjian sementara ini diperpanjang, disepakati untuk tiga bulan tapi segera akan direvisi," tambahnya.

Turut hadir dalam pertemuan membahas kisruh Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Yusril Ihza Mahendra dan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara.

Baca juga: Inaca imbau kisruh Garuda-Sriwijaya tak timbulkan kerugian publik

Baca juga: Kerja sama operasi Garuda dan Sriwijaya Air "putus"

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2019