Cianjur (ANTARA) - Belasan orang warga Kampung Cikadu, Desa Sukarame, Kecamatan Sukanagara, Cianjur, Jawa Barat, mengalami keracunan massal setelah menyantap nasi tumpeng yang disajikan pada acara hajatan selamatan rumah seorang warga.

Kapolsek Sukanagara, AKP Cahyadi pada wartawan Kamis, mengatakan warga yang mengalami keracunan sebagian besar dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif karena mengeluhkan pusing, mual-mual dan muntah.

"Dugaan sementara akibat menyantap nasi tumpeng yang disuguhkan pemilik rumah yang juga menjadi korban keracunan. Total warga yang dirawat 19 orang dengan keluhan yang sama," katanya.

Baca juga: Jumlah korban keracunan di Kampung Pangkalan Sukabumi terus bertambah

Informasi dihimpun, warga yang hadir dalam hajatan selamatan rumah milik Kaswati itu, menyantap nasi tumpeng yang dibagikan pemilik hajatan, mulai merasakan pusing mual dan diare.
 
Namun kondisi beberapa warga semakin parah pada Kamis pagi, sehingga mereka harus dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan penanganan medis. "Mereka langsung menjalani perawatan dan jumlahnya diperkirakan terus bertambah," katanya.

Saat ini sejumlah petugas telah diturunkan ke lokasi keracunan untuk meminta keterangan dari warga dan memastikan penyebab terjadinya keracunan serta mengamankan sampel makanan.

Kepala Puskesmas Sukanagara, Tuti Amalia, mengatakan belasan warga yang diduga keracunan itu, menjalani perawatan sementara atau observasi di puskesmas guna memulihkan kondisi tubuhnya.

"sebagian besar mengalami diare dan mual. Kami belum bisa memastikan penyebab keracunan dari makanan atau ada faktor lain karena gejala yang timbul berbeda dengan peristiwa keracunan sebelumnya," kata dia.

Baca juga: Kesehatan buruh korban keracunan di Sukabumi mulai membaik

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019