Jakarta (ANTARA) - PSSI tengah mengupayakan pergantian Manahati Lestusen dan Septian Bagaskara yang cedera dengan Ilija 'Spaso' Spasojevic serta Muhammad Rizky Pratama di tim nasional U-22, kata Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI Gatot Widakdo.

"Kami sedang mengupayakan pergantian itu ke Komite Olimpiade Indonesia," ujar Gatot di Jakarta, Rabu (30/10).

Menurut Gatot, baik Spaso yang berstatus pemain senior karena berusia di atas 22 tahun maupun Rizky (19 tahun) tidak terdaftar dalam 40 nama yang dimasukkan dalam daftar entry by name untuk SEA Games 2019.

Baca juga: Indra Sjafri pastikan Manahati Lestusen absen di SEA Games 2019

PSSI pun akan melampirkan surat keterangan medis dari Manahati dan Septian sebagai pelengkap permohonan tersebut.

"Kami belum tahu apakah diizinkan atau tidak. Yang jelas, kami mencobanya," tutur Gatot.

Sementara terkait izin ke klub, PSSI baru sebatas memberitahukan secara lisan termasuk ke klub Spaso Bali United.

Baca juga: Egy dan Hanif cedera saat latihan

Timnas U-22 yang disiapkan untuk SEA Games 2019 dipusingkan dengan cedera yang menimpa beberapa pemain dalam beberapa hari terakhir.

Egy Maulana Vikri, Hanif Sjahbandi dan salah satu dari lima pemain senior ada di entry by name, Evan Dimas mengalami cedera pada Selasa (29/10). Namun, kondisi mereka tidak parah dan masih bisa berlatih dengan tim.

Selain nama-nama yang sudah disebutkan, pemain senior lain yang dipanggil ke timnas U-22 yaitu Alberto ‘Beto’ Goncalves juga dalam kondisi tidak fit.

Beto belum bergabung dengan timnas U-22 karena masih dalam pemulihan cedera di klubnya Madura United. Dia pun tidak diturunkan dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia 2019 kontra Tira Persikabo, Rabu (30/10).

Sementara dua nama senior lain yaitu Zulfiandi dan Hansamu Yama dalam kondisi fit dan sudah berlatih dengan timnas U-22 sebelum kembali ke klub masing-masing.

Baca juga: Evan Dimas bertekad pulih dari cedera demi SEA Games

Pertandingan cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2019 di Filipina berlangsung mulai 25 November 2019. Indonesia yang ditargetkan meraih medali emas bergabung di Grup B bersama Laos, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam dan juara bertahan Thailand.

Sebelum SEA Games, timnas U-22 Indonesia akan menghadapi Iran di dua kali laga persahabatan pada pertengahan November 2019.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019