Jakarta (ANTARA) - Camat Cibarusah Enop Can mewakili seluruh warga di daerah tersebut mengatakan senang dan bersyukur karena menerima bantuan makanan dan air dari masyarakat di seluruh Indonesia yang disalurkan melalui lembaga kemanusiaan global Aksi Cepat Tanggap (ACT).

"Ya tentu saya di sini berterima kasih atas kepedulian ACT, luar biasa," katanya dalam kegiatan penyaluran bantuan di Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat, Rabu.

Ia mengatakan bantuan tersebut cukup membantu meringankan masalah yang dialami warga akibat bencana kekeringan yang terjadi di wilayah itu sejak sekitar lima bulan lalu.

Bantuan tersebut, katanya, tentu saja memberikan dampak positif bagi kesejahteraan warga karena selain mendapat bantuan air, warga juga mendapat bantuan pangan berupa makanan.

Baca juga: Gandeng ACT, IHGMA bantu 10.000 kotak susu ke Maluku dan Wamena

Enop Can mengatakan sebagian besar warga di kecamatan tersebut bekerja sebagai petani yang memanfaatkan sawah tadah hujan dan sawah tegalan.

Bencana kekeringan yang terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia juga melanda kecamatan tersebut sehingga petani mengalami gagal panen sebanyak dua kali.

Gagal panen tersebut secara otomatis melumpuhkan aktivitas ekonomi di daerah itu sehingga akses terhadap makanan juga sulit diperoleh.

Baca juga: ACT Sulsel-Kitabisa Bantu Warga Miskin Bangun Rumahnya

Enop Can mengatakan bantuan air dan pangan dari ACT tersebut sangat berarti bagi warga karena secara langsung telah memberi dampak positif terhadap kesejahteraan mereka.

Sementara itu, selain bantuan air dan makanan, ACT juga berencana untuk mengirimkan bantuan beras ke daerah itu dalam waktu dekat.

Baca juga: ACT bantu 100 ton logistik korban gempa Maluku

Pewarta: Katriana
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019