Ambon (ANTARA) - Pemerintah kabupaten (Pemkab) Garut menyerahkan bantuan bagi korban bencana gempa bumi yang terjadi di kota Ambon 26 September 2019.

Bantuan tersebut diserahkan Bupati Garut Agus Gunawan kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Balai kota Ambon, Rabu.

Bupati Garut menyatakan, sumbangan yang diberikan merupakan bentuk rasa empati terhadap masyarakat Ambon yang terkena dampak bencana beberapa waktu lalu.

"Kami merasa prihatin terhadap saudara-saudari di Ambon dan provinsi Maluku yang terdampak bencana dan sebagai wujud keprihatinan, kami memberikan bantuan berupa sumbangan yang sudah kami transfer dari APBD Kabupaten Garut kepada Pemerintah Kota Ambon sebesar Rp200 juta," katanya.

Baca juga: Gempa Ambon punya spesifikasi berbeda, Pemkot inisiatif buat kajian

Baca juga: BNPB tegaskan pengeboran panas bumi tidak picu gempa


Pihaknya berharap, korban bencana dapat terbantu dan proses pemulihan baik secara fisik maupun mental (trauma) dapat berjalan dengan baik.

"Bantuan ini wujud rasa empati terhadap sesama yang jadi korban bencana, sehingga bisa bangkit kembali," katanya.

Sementara itu Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan terima kasih atas bantuan dari pemkab Garut, untuk membantu masyarakat Ambon korban bencana gempa bumi.

Masyarakat Garut katanya, tahun 2016 pernah mengalami bencana dan merasakan sendiri perhatian dari pemerintah daerah lain.

"Dari pengalaman itu mereka bertekad untuk setiap kali ada bencana di daerah manapun , mereka berupaya membantu," kata Wali Kota Richard.*

Baca juga: Pengungsi Ambon berebutan bersalaman dengan Presiden Jokowi

Baca juga: BNPB tanggapi opini soal gempa Ambon karena pengeboran panas bumi

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019