Sesuai arahan Pak Presiden ini kan situasi global kurang baik, ya dan andalan ekonomi kita sekarang adalah penguatan UMKM, bukan hanya UMKM tapi harus naik kelas, kecil menengah ke besar
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebutkan perlunya upaya untuk memodernisasi koperasi agar bisa naik kelas dan bersaing dengan sektor usaha yang lain.

“Modernisasi koperasi. Koperasinya juga naik kelas, bisa bersaing dengan sektor usaha yang lain,” kata Teten Masduki sesaat setelah dilantik sebagai Menteri Koperasi dan UKM di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Teten sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Staf Kepresidenan, kemudian mendapatkan mandat baru menggantikan AAGN Puspayoga sebagai Menkop dan UKM dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Pria asal Garut ini mengaku mendapatkan perintah dari Presiden untuk mengurus ekonomi rakyat. Maka selain koperasi, Teten juga concern terhadap UMKM yang disebutnya sebagai andalan ekonomi Indonesia, terlebih di saat situasi global yang kurang baik.

“Sesuai arahan Pak Presiden ini kan situasi global kurang baik, ya dan andalan ekonomi kita sekarang adalah penguatan UMKM, bukan hanya UMKM tapi harus naik kelas, kecil menengah ke besar,” katanya.

Baca juga: Teten mengaku ditugaskan Jokowi untuk urus orang banyak

Menurut Teten, sektor UMKM dan koperasi saat ini sudah tidak menghadapi kesulitan berarti termasuk dalam mengakses pembiayaan.

“Saya rasa tidak terlalu sulit akses pembiayaan murah banyak. Terakhir, beliau meminta pengembangan sumber daya manusia,” kata Teten.

Teten sebelum bergabung menjadi tim kerja Jokowi adalah sosok aktivis anti-korupsi. Ia bahkan sempat menjadi Kepala Staf Kepresidenan selama beberapa waktu hingga kemudian digantikan oleh Moeldoko.

Baca juga: Empat tantangan deregulasi menurut Teten Masduki

Baca juga: Teten: Semua menteri harus siap diganti

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019