Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Turki mengamankan posisi puncak Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020 berkat kemenangan tipis 1-0 atas Albania pada Sabtu dini hari WIB, sementara di laga lain Andorra memanfaatkan keunggulan jumlah pemain atas Moldova untuk membukukan kemenangan pertamanya.

Hasil-hasil tersebut, membuat Turki tetap berada di puncak klasemen dengan koleksi 18 poin dan unggul catatan head-to-head atas Prancis (18) yang ada di urutan kedua, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sedangkan Andorra (3) kini naik ke peringkat kelima bertukar tempat dengan Moldova (3) yang kini terdampat di dasar klasemen.

Turki yang menjamu Albania di Stadion Ulker, Istanbul, baru bisa memecahkan kebuntuan tepat pada menit ke-90 pertandingan tersebut.

Cenk Tosun menjadi pencetak gol tersebut, yang melakukan tugas cukup mudah untuk menyundul bola ke dalam gawang setelah sapuan tak sempurna barisan pertahanan Albania.

Gol itu sekaligus membuat Turki menggagalkan Prancis, yang menang di laga lain atas Islandia, mengambil alih posisi puncak klasemen.

Baca juga: Penalti Giroud bawa Prancis kalahkan Islandia

Dalam laga lain yang berlangsung di Stadion Nasional Andorra, tuan rumah mendapat keuntungan setelah penyerang sayap Moldova Radu Ginsari menerima kartu kuning kedua dan diusir wasit dari lapangan pada menit ke-55.

Delapan menit berselang, ketimpangan jumlah pemain mampu dimanfaatkan Andorra saat Marc Vales menanduk umpan silang Marc Pujol untuk mencetak gol ke gawang Moldova.

Dalam rangkaian laga pekan kedelapan, Turki akan bertamu ke Prancis untuk menentukan siapa yang lebih berhak berada di puncak klasemen pada Selasa (15/10) dini hari WIB.

Pada saat bersamaan, Andorra bakal bertandang ke markas Islandia dan Moldova menjamu Albania.

Baca juga: Belgia jadi tim pertama lolos ke putaran final

Baca juga: Belanda rebut puncak Grup C usai tundukkan Irlandia Utara

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019