Saya berharap egosektoral kita hilangkan, jangan sampai ada keluhan, kawasan timur kurang, yang dibangun kawasan barat saja kawasan utara, selatan kok belum. Yang seperti ini harus kita tanggalkan
Semarang (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menekankan pentingnya pemerataan pembangunan di semua wilayah provinsi setempat berbasis pada pendekatan kerja sama regionalisasi.

"Semua mesti fokus melaksanakan pembangunan kawasan secara bersama-sama dengan mengesampingkan egosektoral," katanya di Semarang, Kamis.

Terkait dengan hal itu, Wagub minta pemerintah kabupaten/kota untuk saling bersinergi dalam melaksanakan pembangunan di berbagai bidang sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya berharap egosektoral kita hilangkan, jangan sampai ada keluhan, kawasan timur kurang, yang dibangun kawasan barat saja kawasan utara, selatan kok belum. Yang seperti ini harus kita tanggalkan," ujarnya.

Menurut Wagub, program pembangunan di Provinsi Jateng tidak akan sukses apabila tidak ada sinergitas, jalinan kerja sama dan koordinasi yang baik dengan pemerintah kabupaten/kota yang ada.

Kendati demikian, politikus Partai Persatuan Pembangunan itu mengakui jika setiap daerah, baik di Jateng maupun di penjuru nusantara memiliki persoalan yang berbeda dengan tingkat kerumitan yang juga berbeda, tapi tujuannya sama yaitu mengentaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran.

"Oleh karena itu, tugas pemerintah provinsi adalah menyambungkan kabupaten dan kota yang tersebar di 35 daerah untuk bersinergi dengan pemerintah pusat," katanya.

Baca juga: Wagub Jateng ajak masyarakat cegah kerusakan alam

Baca juga: Wagub: hilangkan ego sektoral demi dongkrak investasi di Jateng

 

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019