Internet mewakili sektor terbesar keempat dari ekonomi AS, di belakang real estat, pemerintah, dan manufaktur.
Washington (ANTARA) - Sektor internet yang tumbuh pesat menyumbang 2,1 triliun dolar AS terhadapi ekonomi AS pada 2018, atau sekitar 10 persen dari produk domestik bruto (PDB) negara tersebut, sebuah kelompok industri mengatakan pada Kamis (26/9/2019).

Asosiasi Internet, kelompok yang mewakili Amazon.com Inc, Facebook Inc, Alphabet Inc, Twitter Inc, Uber Technology Inc dan banyak perusahaan lain, merilis perkiraannya ketika sektor teknologi mendapat kecaman yang semakin meningkat, dengan beberapa anggota parlemen menyerukan penghancuran perusahaan-perusahaan besar dan pengawasan antimonopoli yang diperbarui.

Studi ini mengatakan sektor internet mewakili sektor terbesar keempat dari ekonomi AS, di belakang real estat, pemerintah, dan manufaktur.

Tahun lalu, manufaktur menyumbang sekitar 2,3 triliun dolar AS dalam PDB Amerika Serikat.

Studi ini menemukan bahwa sektor internet memiliki hampir enam juta pekerjaan langsung, yang menyumbang empat dari lapangan pekerjaan AS, sementara perusahaan internet AS menghabiskan 64 miliar dolar AS dalam pengeluaran modal. Studi ini juga menemukan sektor internet secara tidak langsung mendukung 13 juta pekerjaan lainnya.

Pada 2015, Asosiasi Internet memperkirakan sektor ini memberikan kontribusi sekitar 966,2 miliar, atau enam persen dari PDB pada 2014.

Biro Analisis Ekonomi AS (BEA) pada April memperkirakan "ekonomi digital" menyumbang 6,9 persen dari PDB Amerika, atau 1,35 triliun dolar AS pada 2017, menempatkannya di posisi ketujuh secara keseluruhan. Definisi itu mencakup infrastruktur yang mendukung digital, transaksi e-commerce, dan media digital tetapi tidak termasuk layanan berbagi perjalanan dan barang serta layanan lain yang terhubung dengan ekonomi "berbagi".

Studi Asosiasi Internet menggunakan data pemerintah dari Sensus, BEA, dan SEC dari 2018 untuk memperkirakan kontribusi sektor internet terhadap ekonomi Amerika. Kepala ekonom kelompok itu, Christopher Hooton mengatakan industri internet "menciptakan lapangan kerja di setiap sektor ekonomi" dan mengatakan analisis baru ini secara lebih akurat menangkap dampak ekonomi internet.

Studi BEA mencatat bahwa karyawan yang bekerja di ekonomi digital AS memperoleh kompensasi rata-rata 132.223 dolar AS pada 2017, dibandingkan dengan 68.506 dolar AS per pekerja untuk total ekonomi AS.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019