calon penumpang bisa memanfaatkan waktu sebelum boarding dengan membeli oleh-oleh khas daerah Banyumas maupun Wonosobo
Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto menggelar Pameran dan Bazar Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, 14 September-12 Oktober 2019.

"Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 PT KAI serta untuk mendukung program pemberdayaan UMKM," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto di Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu.

Dalam hal ini, kata dia, pameran dan bazar yang digelar di ruang tunggu pintu masuk boarding Stasiun Purwokerto tersebut diikuti lima mitra binaan PT KAI Daop 5 Purwokerto, khususnya yang berasal dari Kabupaten Banyumas dan Wonosobo.

Ia mengatakan penyelenggaraan kegiatan yang melibatkan mitra binaan PT KAI Daop 5 Purwokerto tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang UMKM.

"Dengan demikian, calon penumpang bisa memanfaatkan waktu sebelum boarding dengan membeli oleh-oleh khas daerah Banyumas maupun Wonosobo yang dijual oleh pelaku UMKM mitra binaan PT KAI Daop 5 Purwokerto," katanya.

Ia mengharapkan kegiatan pameran dan bazar tersebut dapat meningkatkan serta mengangkat produk UMKM, khususnya mitra binaan PT KAI Daop 5 Purwokerto.

Lebih lanjut, Supriyanto mengatakan kegiatan Pameran dan Bazar Produk UMKM tersebut mendapat tanggapan positif dari calon penumpang kereta api di Stasiun Purwokerto.

Bahkan, kata dia, tidak sedikit calon penumpang yang berbelanja oleh-oleh di setiap stan pameran dan bazar tersebut.

Salah seorang calon penumpang KA Bogowonto tujuan Jakarta, Intan mengaku baru mengetahui jika ada kegiatan Pameran dan Bazar Produk UMKM di Stasiun Purwokerto.

"Dengan adanya bazar UMKM di Stasiun Purwokerto bisa memberikan alternatif membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Apalagi lokasinya di dalam stasiun, sehingga sekalian berangkat naik kereta api, sekalian beli oleh-oleh khas Wonosobo maupun Banyumas, dan harganya terjangkau pula," katanya.

Baca juga: KAI luncurkan moda terusan bagi penumpang di Pantura Timur

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019