Gorontalo (ANTARA) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengundang Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya untuk menghadiri rangkaian acara Gorontalo Karnaval Karawo (GKK) 2019 yang digelar pada 2-6 Oktober.

Gubernur Rusli yang didampingi Kadis Pariwisata Rifli Katili diterima Menpar di ruang kerjanya di Jakarta, Jumat.

Arief Yahya dijadwalkan menjadi pembicara utama pada Celebes Tourism Meeting tanggal 5 Oktober 2019 di Hotel Grand Q, Kota Goronralo.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir sebagai pembicara.

“Alhamdulillah hari ini saya diterima pak Menteri Pariwisata untuk melaporkan kesiapan GKK 2019 sekaligus mengundang beliau untuk hadir langsung. Pak Menteri bersedia untuk dijadwalkan hadir. Semoga acara ini akan berlangsung sukses dan meriah,” kata gubernur.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, GKK 2019 waktunya cukup panjang sebelum Karnaval Karawo pada acara puncak.

Agenda tahunan yang diinisiasi oleh Bank Indonesia dan Pemprov Gorontalo itu, diharapkan menjadi ajang pariwisata dan upaya mempromosikan karawo sebagai kain khas Gorontalo di tingkat nasional dan dunia.

“Selain acara forum pariwisata se Sulawesi, ada kegiatan mokarawo atau menyulam kain karawo. Ada juga fashion show hasil desain karawo serta ada lomba Karawo Tradisional Handmade mulai dari memilih bahan, desain, proses pengirisan, menyulam hingga jadi,” jelasnya.

Acara itu akan dimeriahkan dengan Gorontalo Kuliner Expo tanggal 4-6 Oktober 2019, yang menyajikan kuliner khas Gorontalo.

Selain kuliner, juga akan diramaikan oleh atraksi seni tradisional dan pementasan musik dari berbagai komunitas seni budaya lokal.

Baca juga: Dispar Gorontalo gencar promosikan Karnaval Karawo
Baca juga: Dinas Pariwisata matangkan persiapan Karnaval Karawo


Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019