Jakarta (ANTARA) - Italia berhasil menjaga catatan sapu bersih mereka dalam lanjutan pertandingan keenam Grup J kualifikasi Piala Eropa 2020, sementara di waktu bersamaan Liechtenstein meraih poin perdananya di turnamen tersebut.

Bertandang ke Stadion Ratina, Tampere, pada Minggu setempat (Senin WIB), Italia berhasil memetik kemenangan 2-1 atas Finlandia, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Dwigol Belotti antar Italia kantongi tiga poin dari Armenia

Setelah bermain imbang nirgol pada babak pertama, Ciro Immobile membuka keunggulan Italia pada menit ke-59 setelah menanduk umpan silang kiriman Federico Chiesa.

Penyerang andalan Finlandia Teemu Pukki berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-72 lewat eksekusi penalti, setelah ia dijatuhkan di dalam area terlarang oleh Stefano Sensi.

Bak mata dibayar mata, Italia membalas gol penalti Finlandia juga lewat titik putih tujuh menit berselang. Penalti tersebut diraih oleh Italia setelah bola tembakan Nicolo Barella dihalau menggunakan tangan oleh Sauli Vaisanen.

Jorginho yang menjadi algojo dengan dingin menggelindingkan bola ke sudut jauh gawang tak terjangkau kiper Lukas Hradecky demi memastikan kemenangan Italia 2-1 atas Finlandia.

Hasil itu jadi kemenangan keenam Italia yang membuat mereka di puncak klasemen Grup J dengan koleksi 18 poin, sementara Finlandia (12) ada di urutan kedua.

Poin perdana Liechtenstein

Liechtenstein yang sebelumnya selalu kalah dalam lima pertandingan terakhir, berhasil meraih poin perdana mereka dalam kualifikasi Piala Eropa 2020 saat bertandang ke Yunani.

Tampil di Stadion Olimpiade, Athena, Liechtenstein lebih banyak berada di bawah tekanan tuan rumah sepanjang laga.

Gawang Liechtenstein jebol pada menit ke-33 akibat sepakan kaki kiri Giorgos Masouras menyelesaikan umpan kiriman Efthymios Koulouris.

Skor itu terus bertahan dan Liechtenstein sepertinya akan kembali pulang dengan tangan hampa, sampai akhirnya sebuah serangan cepat diakhiri umpan Nicolas Hasler dan diselesaikan dengan baik oleh Dennis Salanovic untuk menyamakan kedudukan 1-1.

Ketika peluit tanda laga usai berbunyi Liechtenstein berhasil meraih poin perdananya, meski posisi mereka tetap terdampar di dasar klasemen Grup J, di bawah Yunani (5) yang menempati urutan kelima.

Baca juga: Mkhitaryan dua gol satu assist, Armenia bekuk Bosnia 4-2

Sementara itu, dalam laga lain yang berlangsung lebih awal di Yerevan, Armenia, Henrikh Mkhitaryan menggelar sebuah pertunjukan spesial untuk membawa tuan rumah menang 4-2 atas Bosnia Herzegovina.

Mkhitaryan mengemas dwigol, mengirimkan satu assist untuk gol Hovhannes Hambardzumyan serta melepaskan umpan tarik yang berujung gol bunuh diri Stjepan Loncar.

Berkat hasil itu, Armenia naik ke urutan ketiga dengan koleksi sembilan poin, menggusur Bosnia (7) ke peringkat keempat.

Baca juga: Hasil Grup F, Spanyol jaga kesempurnaan, Rumania naik peringkat ketiga

Baca juga: Hasil Grup D, Swiss lumat Gibraltar, Denmark ditahan imbang Georgia

Berikut hasil pertandingan Grup J kualifikasi Piala Eropa 2020 pekan keenam (tuan rumah disebut pertama):

Armenia 4 - Bosnia-Herzegovina 2 (Henrikh Mkhitaryan 3', 66', Hovhannes Hambardzumyan 77', Stjepan Loncar bd-90+5'; Edin Dzeko 13', Amer Gojak 70')
Finlandia 1 - Italia 2 (Teemu Pukki p-72'; Ciro Immobile 59', Jorginho p-79')
Yunani 1 - Liechtenstein 1 (Giorgos Masouras 33'; Dennis Salanovic 85')

Klasemen Grup J
  Tim M M I K Gol P
1 Italia 6 6 0 0 18-3 18
2 Finladia 6 4 0 2 8-4 12
3 Armenia 6 3 0 3 12-10 9
4 Bosnia-Herzegovina 6 2 1 3 12-11 7
5 Yunani 6 1 2 3 7-10 5
6 Liechtenstein 6 0 1 5 1-19 1

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019