Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) Seksi I dan II bisa fungsional pada Lebaran Tahun 2020.

"Lebaran insya Allah bisa fungsional, mudah-mudahan kita dari Cileunyi sampai dengan Sumedang bisa fungsional," ujar Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan Cisumdawu Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Yusrizal Kurniawan di Bandung, Rabu (4/9) malam.

Yusrizal juga menambahkan bahwa jalan tol Cisumdawu ini sempat dibuka saat Lebaran 2019 hingga bagian terowongan.

Rata-rata warga yang melintasi jalan tol tersebut memuji jalan tol Cisumdawu dan mendukung Kementerian PUPR untuk melanjutkan pengerjaan proyek tol itu hingga tuntas.

"Kami ditargetkan oleh Menteri PUPR bahwa Cisumdawu untuk porsi pemerintah ini harus selesai pada September 2020, baik untuk Seksi I maupun Seksi II," kata Yusrizal.

Proyek Tol Cisumdawu diperkirakan akan memiliki panjang 60,47 KM dengan total seksi mencapai enam.

Seksi I dan Seksi II proyek jalan tol ini digarap oleh Pemerintah melalui Kementerian PUPR.

Sementara komposisi pemangku kepentingan untuk Seksi III hingga VI terdiri dari PT Citra Marga Nusaphala Persada, PT Jasa Sarana, PT Brantas Abipraya, PT PP (Persero), dan PT Waskita Karya Tbk.

Yusrizal menegaskan bahwa pembangunan proyek jalan tol itu ditargetkan dapat tuntas pada Tahun 2020.

Biaya investasi untuk proyek Tol Cisumdawu itu, katanya, diperkirakan sebesar Rp8,41 trilliun, sedangkan biaya konstruksinya diperkirakan mencapai Rp5,58 triliun.

Sementara untuk biaya pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Cisumdawu diperkirakan mencapai Rp4 triliun.

Peletakan batu pertama proyek pembangunan Tol Cisumdawu dilaksanakan pada 29 November 2011, dan penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) itu baru dilakukan pada 22 February 2017.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019