Surabaya (ANTARA) - Bakal calon wakil wali kota Surabaya HM Cheng Hoo Djadi Galajapo mengaku siap mendampingi calon wali kota Surabaya pilihan pemilik Maspion Grup Alim Markus pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surabaya 2020.

"Saya sudah komitmen untuk siap mendampingi calon wali kota pilihan Pak Alim Markus," ujar Djadi Galajapo, di sela Deklarasi 2020 Calon Wakil Wali Kota Surabaya, di Surabaya, Kamis malam.

Calon wali kota pilihan Alim Markus nanti dipercayainya memiliki kualitas dan komitmen kuat sebagai pemimpin “Kota Pahlawan” periode 2021-2025.

"Kalau sebut nama kandidat memang belum, tapi arahnya sudah ada," ujar pria yang dikenal sebagai seniman dan pelawak tersebut.
Baca juga: Samuel Teguh Santoso deklarasi Cawali Surabaya 2020 jalur independen

Ia berharap calon wali kota yang akan didampinginya kelak memiliki kualitas dan karakter sekaliber Tri Rismaharini (Wali Kota Surabaya saat ini) atau Basuki Tjahaja Purnama (mantan Gubernur DKI Jakarta).

"Dua orang itu sudah teruji kepemimpinannya dan terbukti berhasil sebagai kepala daerah di wilayahnya masing-masing," kata Djadi yang sehari-hari juga berprofesi sebagai pembawa acara tersebut.

Setelah menyatakan diri sebagai kandidat, Djadi yang mengaku sudah membentuk tim akan melakukan sosialisasi di 31 kecamatan dan berdiskusi dengan masyarakat.
Baca juga: FKPPI Jatim munculkan enam figur Bacawali Surabaya

Dia juga bertekad untuk menularkan semangat wirausahawan ke masyarakat Surabaya melalui UMKM dan seni budaya, salah satunya dengan gerakan satu kecamatan satu ludruk.

Disinggung tentang proses pendekatan ke partai politik, Djadi mengaku sudah melakukan komunikasi dan mengikuti aturan internal yang ditetapkan.

"Ke depan, saya akan proaktif dan jika diharuskan mendaftar, maka saya akan datang dan berproses,” katanya pula.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019