Bogor (ANTARA) - Presiden Joko Widodo bersama Raja Malaysia Yang Di-Pertuan Agong XVI, Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah Ibni Almarhum Sultan Haji Ahmad Shah Al-Musta'in Billah melakukan "toast" atau bersulang minuman dan berharap semakin eratnya hubungan RI dan Malaysia.

"Kehadiran Sri Baginda saya pastikan akan mempererat hubungan kedua negara kita, Malaysia dan Indonesia. Karena itu, saya undang untuk mengangkat gelas, bagi kesehatan dan kesuksesan Sri Baginda beserta Ibu Permaisuri dan keluarga," kata Jokowi usai santap siang kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa.

Presiden menjelaskan Indonesia merasa terhormat menerima kunjungan Al Sultan Abdullah Ri'ayatuddin bersama Permaisuri dan delegasi Malaysia.

Baca juga: Jokowi sambut kedatangan Raja Malaysia di Istana Bogor
Baca juga: Raja Malaysia berkunjung ke Indonesia
Baca juga: Sultan Pahang dinobatkan sebagai Raja Malaysia


Sementara itu dalam sambutan timpalannya, Al Sultan Abdullah Ri'ayatuddin memberikan penghargaan tinggi kepada Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo serta masyarakat Indonesia atas sambutan di Tanah Air.

Dia juga mendoakan kesehatan yang baik bagi Presiden dan Ibu Negara.

"Semoga hubungan dua negara antara Malaysia dan Indonesia senantiasa terpelihara serta dianugerahkan kemakmuran, keharmonian dan kesejahteraan yang berkekalan. Dengan ini saya menjemput ibu-ibu dan bapak-bapak sekalian untuk bersama-sama menyampaikan ucapan selamat dan kesejahteraan terutama kepada yang utama Bapak Presiden Jokowi dan Ibu Iriana serta seluruh rakyat Republik Indonesia," demikian Al Sultan Abdullah Ri'ayatuddin dalam acara terbatas itu.

Usai santap siang kenegaraan, Al Sultan Abdullah Ri'ayatuddin meninggalkan Istana Kepresidenan Bogor pada pukul 13.40 WIB.

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi telah menyambut kedatangan Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong XVI, Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah Ibni Almarhum Sultan Haji Ahmad Shah Al-Musta'in Billah, bersama Permaisuri Agong, Tunku Hajah Azizah Aminah Maimunah Iskandariah binti Almarhum Al- Mutawakkil Alallah Sultan Iskandar Al- Ha  di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Pemerintah Indonesia menyambut tamu negara dengan upacara penyambutan kenegaraan.

Sejumlah pejabat turut mendampingi Presiden antara lain Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019