Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia telah dibuka turun tajam pada perdagangan Senin pagi, karena ketegangan perdagangan global terus menekan sentimen investor.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 98,90 poin atau 1,52 persen menjadi diperdagangkan di 6.424,20 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 99,10 poin atau 1,50 persen pada 6.515,20 poin.

"Pasar Asia Pasifik ditetapkan untuk hari yang panas setelah sengketa perdagangan meningkat pada Jumat malam (23/8/2019)," kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy mengatakan kepada investor dalam catatan pagi.

Dalam pidato yang telah lama diantisipasi dari Jerome Powell, ketua Federal Reserve AS mengatakan ada sedikit yang bisa dilakukan Fed untuk mengimbangi dampak perlambatan perdagangan global.

Sebagai tanggapan, Presiden Trump melalui media sosial dalam apa yang digambarkan McCarthy sebagai "ledakan pasar yang bergolak," menyatakan "mitra dagang terbesar AS dan ketua Federal Reserve sebagai musuh."

"(Ini) menimbulkan kekhawatiran bahwa politik perselisihan perdagangan sekarang benar-benar membanjiri semua pertimbangan ekonomi," McCarthy menjelaskan.

"Ini bisa menjadi pendorong utama kemerosotan lebih lanjut dalam aset-aset berisiko hari ini."

Sementara itu, ketika musim pelaporan Australia memasuki minggu terakhir, Fortescue, Viva Energy dan kelompok infrastruktur telekomunikasi Selandia Baru Chorus, semuanya mengalahkan perkiraan konsensus dan mungkin menghadapi tekanan jual yang lebih rendah.

"Namun Resolute Gold, Ooh Media, G8 Education dan Boral dapat dianggap tidak beruntung karena harus mengecewakan pada hari ketika aktivitas pasar mungkin tidak kenal ampun," tambah McCarthy.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia tertekan dengan Commonwealth Bank turun 1,68 persen, Westpac Bank turun 1,69 persen, National Australia Bank turun 2,16 persen dan ANZ turun 2,35 persen.

Saham-saham pertambangan merosot dengan BHP turun 1,89 persen, Rio Tinto turun 2,24 persen, Fortescue Metals turun 3,70 persen, namun penambang emas Newcrest melonjak 5,34 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas terpukul keras dengan Woodside Petroleum jatuh 3,69 persen, Santos turun 1,80 persen dan Oil Search turun 2,56 persen.

Jaringan supermarket terbesar Australia juga melemah dengan Wesfarmers 0,64 persen dan Woolworths turun 1,37 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,94 persen, maskapai nasional Qantas menurun 2,04 persen dan perusahaan biomedis CSL berkurang 1,96 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia terangkat setelah sesi yang sulit
Baca juga: Pasar Aussie menguat didukung sektor energi dan teknologi informasi
Baca juga: Pasar Aussie berakhir turun setelah menguat dua hari berturut-turut

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019