Peserta SMN Kepulauan Riau kunjungi kantor BUMN di Tarakan

Peserta SMN Kepulauan Riau kunjungi kantor BUMN di Tarakan

Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Kepulauan Riau mengunjungi kantor BUMN dan SMA di Tarakan, Selasa (20/08/2019). ANTARA/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Kepulauan Riau mengunjungi kantor BUMN dan SMA di Tarakan, Selasa dimana Kementerian BUMN sebagai penyelenggara dan inisiator kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri

Diawali dengan kunjungan ke Kantor Pertamina TBBM Tarakan, siswa disambut Ardianto selaku staf humas dan receiving, dan dilanjutkan dengan site visit mempelajari storage (penyimpanan) bahan bakar di TBBM Tarakan sebelum didistribusikan ke SPBU dan wilayah pemasaran lainnya.

Agenda kedua, peserta SMN 2019 dibawa ke Kantor BUMN sekaligus sebagai penyelenggara dan PIC Utama BUMN Hadir Untuk Negeri 2019 di Kaltara yakni Telkom.
Baca juga: Peserta SMN Kepri mengunjungi Konservasi Mangrove dan Bekantan Tarakan

Disambut oleh GM Wilayah Telkom Tarakan, Kasirun, peserta mendapatkan materi terkait Telkom dan bisnisnya khususnya di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Selain itu, peserta SMN juga diberikan materi singkat terkait ecommerce milik TelkomGroup Blanja.com dan kunjungan ke Rumah Kreatif BUMN yang berada di satu wilayah kantor Telkom Tarakan.

Selanjutnya, sebagai bagian dari sesi pendidikan, peserta juga berkunjung ke dua sekolah di Tarakan yaitu SMAN 1 dan SMKN 3 Tarakan. Beda sekolah, beda treatment dan agenda penyambutan.

Saat di SMAN 1 Tarakan, peserta disambut oleh para pengurus OSIS dan kepala sekolah SMAN 1 Tarakan, Weti. Disana para peserta SMN melakukan pemberian buku bacaan untuk perpustakaan SMAN 1 Tarakan, pengenalan dan promosi budaya dan destinasi wisata oleh Wardiyanto yang merupakan Duta Wisata Kota Tanjung Pinang yang juga merupakan peserta SMN 2019 dan diakhiri dengan pemberian cinderamata dan ramah tamah.
Baca juga: Plt Gubernur minta peserta SMN promosikan wisata Kepri

Selanjutnya, Peserta bertolak ke SMKN 3 Tarakan dan disambut oleh Kepala Sekolah, FX Sunaryana, para guru dan siswa SMKN 3 Tarakan.

Disambut dengan tarian penyambutan yang diperankan oleh 5 siswi SMKN 3 Tarakan di lapangan yang disinari oleh matahari yang terik. Peserta SMN 2019 asal Kepulauan Riau pun tak mau kalah, dan menampilkan tarian Sekapur Sirih dari Kepri.

Acara dilanjutkan oleh sambutan dari kepala sekolah, sambutan dari Telkom selaku PIC SMN 2019 Kaltara, dan sambutan dari Diknas. Kemudian diadakan penyerahan buku bacaan untuk perpustakaan SMKAN 3 Tarakan dari peserta SMN 2019 dan bekerja sama dengan Balai Pustaka.

Kunjungan dilanjutkan dengan melihat aktivitas para siswa di beberapa workshop yang tersedia di SMKN 3 Tarakan yaitu : workshop teknika dan nautika kapal penangkap ikan, workshop pencabutan duri ikan bandeng

Selain itu peserta SMN juga diajak mencicipi manisan rumput laut dan susu kedelai yang merupakan olahan dari siswa SMKN 3 Tarakan.
Baca juga: Peserta SMN Kepri tetap khidmat ikuti upacara meski diguyur hujan
 
Pewarta : Susylo Asmalyah
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019