Mahasiswa HI UMRAH upacara HUT RI di KBRI Bangkok

Mahasiswa HI UMRAH upacara HUT RI di KBRI Bangkok

Sebanyak 27 mahasiswa Jurusan HI FISIP Universitas Maritim Raja Ali Haji mengikuti upacara HUT RI ke-74 di KBRI Bangkok, Sabtu. Foto : Nikolas Panama.

Tanjungpinang (ANTARA) - Sebanyak 27 orang mahasiswa tahun pertama Jurusan Hubungan Internasional FISIP Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, mengikuti upacara HUT RI ke-74 di KBRI Bangkok, Thailand, Sabtu.

Upacara yang dipimpin oleh H.E. Mr. Ahmad Rusdi, Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, dilaksanakan di lapangan KBRI Bangkok, dan dihadiri ratusan warga negara Indonesia di Thailand.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Prof Mustari sangat berbahagia atas partisipasi mahasiswa HI UMRAH yang datang dengan mengenakan jaket almamater berwarna biru.

Baca juga: Upacara HUT RI di KBRI Kuala Lumpur diwarnai pemberian penghargaan

Ketua Jurusan HI FISIP UMRAH, Desri Gunawan, mengatakan mahasiswa yang mengikuti upacara itu melaksanakan tugas perkuliahan. Tugas itu merupakan bagian dari kegiatan Studi Ekskursi 2019 ketiga negara yaknk Malaysia, Thailand dan Singapura.

"Sebelumnya kami telah mengunjungi University Malaya dan KBRI Kuala Lumpur di Malaysia, lalu kemarin kami mengunjungi Thammasat University," ujarnya, yang dihubungi dari Tanjungpinang.

Mahasiswa HI FISIP UMRAH, Dodi Lesmana mengatakan tujuan dan manfaat kegiatan studi ekskursi ini yakni memahami pergaulan internasional.

"Melalui kunjungan ini kami jadi lebih memahami pergaulan internasional, dan kami menjadi termotivasi untuk nanti dapat magang di Thailand maupun Malaysia," ungkapnya.

Baca juga: Warga Kamboja segala usia akan ikut upacara bendera di KBRI Phnom Penh

Selain melakukan kunjungan, rombongan yang dipimpin oleh Sayed Fauzan Riyadi ini juga membicarakan perjanjian kerja sama antara UMRAH dengan University Malaya dan Thammasat University.

"Kami berkomunikasi insentif dengan Asia-Europe Institute, University Malaya untuk kerja sama dalam penelitian mengenai ASEAN dan peluang kelanjutan studi di University Malaya. Kemudian dengan Faculty of Liberal Arts, Thammasat University untuk kerja sama riset mengenai Asia Tenggara. Selain itu mahasiswa kami juga diterima bila berkeinginan untuk magang di sana," jelas Sayed.

Rangkaian kegiatan Studi Ekskursi 2019 yang dilaksanakan dari tanggal 14 hingga 19 Agustus 2019 ini merupakan kegiatan rutin Jurusan Hubungan Internasional FISIP UMRAH untuk mengenalkan dunia internasional sedini mungkin bagi para mahasiswanya.

Baca juga: KBRI Kuala Lumpur raih top 45 kompetisi inovasi pelayanan publik
Pewarta : Nikolas Panama
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019