Halmahera (ANTARA) -- Korindo Group melalui salah satu anak usahanya yang bergerak di sektor kelapa sawit, PT Gelora Mandiri Membangun (GMM), mendukung pemulihan bencana gempa bumi yang meluluhlantahkan Halmahera Selatan, Maluku Utara, pada Juli lalu dengan menyerahkan bantuan berupa air bersih, alat-alat berat, dan transportasi untuk mempercepat pembukaan akses jalan dan akomodasi penyaluran pangan bagi para korban bencana alam. 

Manager Corporate Social Contributions (CSC) PT GMM Mahdi M Nur mengatakan, pihaknya telah mendistribusikan air bersih sebanyak 256 ton. Pasalnya, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), air bersih menjadi kebutuhan mendesak para korban bencana.

"Penyaluran air bersih ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk memenuhi keperluan sehari-sehari, seperti air minum, memasak, dan juga keperluan MCK," ujar Mahdi di Desa Gane, Halmahera Selatan.

Tidak hanya bantuan air bersih, GMM juga menyalurkan alat-alat berat dan bahan material bangunan. Alat berat dan transportasi seperti excavator, mobil pick-up, dan dump truck dikerahkan demi mempercepat pembukaan akses jalan dan akomodasi penyaluran pangan di pengungsian.

Untuk menunjang pembangunan infrastruktur, sebanyak 1.000 lembar plywood dan 200 lembar terpal juga disumbangkan langsung oleh GMM ke berbagai desa di Kabupaten Halmahera Selatan. Bantuan material ini diharapkan dapat membantu membangun hunian sementara bagi para warga yang kehilangan tempat tinggalnya akibat bencana.

Bantuan yang diberikan bagi para korban bencana gempa di Halmahera rencananya masih akan terus berlanjut. Penyaluran bantuan pokok yang diperlukan oleh para pengungsi akan berlangsung hingga September 2019. “Kami akan menyalurkan bahan makanan seperti beras, mi instan, gula dan teh untuk memenuhi kebutuhan pangan yang mendesak,” tambahnya.

Kontribusi GMM di tengah Masyarakat Gane

Kehadiran pihak swasta di daerah-daerah terpencil menjadi vital demi kemajuan serta membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sama halnya dengan kehadiran GMM di tengah masyarakat Gane yang terus menerus memberikan kontribusi. Adanya GMM mampu membangkitkan gairah produktivitas perekonomian warga Gane serta membangun infrastruktur dengan membuka akses jalan dan lahan usaha.

Kontribusi perusahaan selalu dirasakan oleh warga sekitar, terutama di bidang infrastruktur, ekonomi, dan pendidikan. “Dulu, akses dari satu desa ke desa lain sulit sekali,” jelas Kepala Desa Gane. "Namun kini, akses jalan ke delapan desa bisa dinikmati oleh warga. Fasilitas umum, sarana kesehatan, hingga fasilitas pendidikan yang dulu tidak bisa dirasakan warga pun sekarang bisa dinikmati dengan mudah dan dekat."

Bahkan di tengah kesulitan dan duka yang dialami pasca bencana gempa, GMM tidak berhenti untuk mengulurkan tangan kepada para warga. Ini menjadi bukti bahwa keberadaan investor sangat nyata terasa dampaknya bagi kestabilan hidup masyarakat. Terlebih dengan adanya program Nawa Cita Indonesia untuk membangun Indonesia dari pinggiran, hadirnya pihak swasta memainkan peran penting di daerah.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019