Jakarta (ANTARA) - Pengurus masjid Istiqlal Jakarta telah menerima sebanyak 22 ekor sapi kurban dan 17 ekor kambing hingga pukul 21.00 WIB, Sabtu malam. “Kemungkinan masih bertambah,” kata Kabag Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, Sabtu malam.

Abu mengatakan pemotongan hewan kurban sekitar pukul 10.00 WIB atau sebelum salat Zuhur. Selain itu, usai pelaksanaan salah Idul Adha, Presiden Joko Widodo juga akan menyerahkan satu ekor sapi kurban kepada panitia.

Sejumlah nama yang turut memberikan sapi kurban diantaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Megawati Sukarno Puri, Pratikno, Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri Perhubungan dan Kapolri.

Abu mengatakan untuk tahun ini, wadah penyaluran daging kurban berbeda dengan tahun sebelumnya yakni menggunakan wadah dari bambu atau besek. “Kami telah menyiapkan 6.000 besek yang dibeli dari Tasikmalaya,” kata Abu.

Untuk mengantisipasi jika nantinya kekurangan besek tersebut, panitia kurban juga menyediakan plastik ramah lingkungan yang digunakan seperti tahun-tahun sebelumnya. “Pengalaman kami, daging kurban tahun lalu sekitar 6.000 kantong,” ujar Abu.*

Baca juga: Istiqlal gunakan plastik ramah lingkungan untuk bungkus daging kurban

Baca juga: Istiqlal kerahkan 100 petugas lebih untuk sembelih hewan kurban


Pewarta: Fauzi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019