Selasa, 24 Oktober 2017

Festival Multietnis Meriahkan Akhir Pekan Di Bukittinggi

id Festival Multietnis Di Bukittinggi
Festival Multietnis Meriahkan Akhir Pekan Di Bukittinggi
. (Antaranews Kalsel/com.)
Bukittinggi, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumbar, menggelar Festival Multietnis pada 13 sampai 15 Oktober 2017 di pelataran objek wisata Jam Gadang sebagai hiburan akhir pekan bagi pengunjung di daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat, Erwin Umar di Bukittinggi, Rabu, mengatakan Festival Multietnis menyuguhkan penampilan seni bagi pengunjung di Jam Gadang secara gratis.

Ada penampilan dari 10 etnis dan daerah yang akan memeriahkan suasana akhir pekan di Bukittinggi yaitu etnis Jepang, India, Minang, Melayu, Jawa, Nias, Tapanuli, Batak, daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Pengisi acara ada yang berasal dari paguyuban dan daerah asal. Penampil dari Kalimantan, etnis Jepang dan India datang langsung dari daerah dan negara asalnya.

Kegiatan dimulai pukul 19.30 sampai 22.30 WIB dan setiap pengisi acara mendapat kesempatan tampil selama 30 sampai 60 menit.

Dalam durasi itu, pengisi acara bebas menampilkan seni apapun namun nanti akan lebih fokus kesenian tari kontemporer.

Dari kegiatan itu diharapkan adanya manfaat timbal balik terutama dari sisi pariwisata dan budaya di mana para penampil mengenalkan budaya bagi masyarakat di Bukittinggi selanjutnya mereka mengenalkan Bukittinggi pada warga di daerah asalnya.

Untuk mendukung kemeriahan, pihaknya menyiapkan undangan bagi pihak sekolah agar siswa ikut menyaksikan pertunjukan dan brosur bagi pemilik hotel untuk dibagikan pada tamu yang datang menginap.

Festival Multietnis telah masuk kalender iven Sumbar dan diusulkan ke nasional. Ini gelaran yang pertama dan akan jadi agenda tetap setiap tahun.

Melalui acara tersebut, pemerintah setempat memiliki target dapat mendukung peningkatan jumlah wisatawan mancanegara sesuai target nasional sebanyak 20 juta kunjungan pada 2019./f

Editor: Asmuni Kadri

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga