Selasa, 24 Oktober 2017

Tapin Siap Menjadi Kota Ramah Anak

id Tapin, pemkab tapin, rantau
Tapin Siap Menjadi Kota Ramah Anak
Pelatihan KHA dan PRA oleh Dinas P3A Kabupaten Tapin (M Husein Asyari/humas polres)
Anak-anak mendapatkan perlindungan dan penghargaan atas hak-hak anak untuk mereka selama berada di Puskesmas, itulah yang dimaksudkan dengan Puskeas layak anak
Rantau, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kabupaten Tapin menggelar pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) bagi tenaga kesehatan dan edukasi Puskesmas Ramah Anak (PRA) se Kabupaten Tapin.

Hj Dian Nila Purnama, Senin, mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas dilaksanakannya pelatihan dan edukasi Puskesmas ramah anak dalam rangka mewujudkan Kota layak anak di Kabupaten Tapin yang dihadiri oleh seluruh stake holder terkait.

Acara yang dilaksanakan dalam rangka mendukung program kota layak anak di Kabupaten Tapin itu sedikitnya diikuti 150 peserta yang terdiri dari TP PKK, Dinas Kesehatan dan Pejabat Puskesmas se-Kabupaten Tapin.

Seperti diterangkan Hj Diah, bahwa, Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan terdepan dalam memberikan pelayanan peningkatan kesehatan masyarakat diharapkan juga dapat berperan aktif dalam memberdayakan para orang tua, keluarga serta masyarakat agar paham dan mampu untuk dapat memenuhi kesehatan anak-anaknya.

Untuk itu Puskesmas ramah anak hendaknya lebih mengedepankan pelayanan yang ramah terhadap anak, baik pada anak-anak yang sedang berobat ataupun yang sedang berkunjung.

"Anak-anak mendapatkan perlindungan dan penghargaan atas hak-hak anak untuk mereka selama berada di Puskesmas, itulah yang dimaksudkan dengan Puskeas layak anak," ujarnya

Untuk itu diharapkan, sesuai keinginan Pemda Tapin, Puskesmas di seluruh Tapin nantinya dapat menjadi Puskesmas ramah anak, yang akan memberikan pelayanan kepada anak secara lengkap dan terpadu dalam kita bersama-sama mewujudkan dan mendukung kota layak anak di Kabupaten Tapin, sehingga kedepan pelayanan yang memadai dapat diberikan kepada anak-anak kita.

"Peran pemerintah nantinya tentu akan berupaya menunjang terwujudnya Puskesmas layak anak dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan lengkap, dan untuk mewujudkan hal itu tentunya juga perlu dukungan dari semua pihak," tandas Hj Diah.

Sementara itu, dalam laporannya Hj Raudah menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini bertujuan guna meningkatkan wawasan untuk para peserta serta demi terciptanya dan terwujudkan Puskesmas layak anak di Kabupaten Tapin.

Turut berhadir dalam acara tersebut kepala Dinas P3A H Rusnadi, Perwakilan Dinas Kesehatan, serta nara sumber Hj Rini Aswinda dari Dinkes Tapin dan  Ariani Nurjanah DP3A Provinsi Kalsel.

Editor: Muhammad Husien Asy'ari

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga