Selasa, 24 Oktober 2017

Poktan Sait Kuning Syukuran Panen Perdana Bawang Merah

id Distan HSS, Poktan Sait Kuning, Bupati HSS, Kominfo HSS
Poktan Sait Kuning Syukuran Panen Perdana Bawang Merah
Panen Perdana Bawang Merah Poktan Sait Kuning, Desa Kapuh, Kecamatan Simpur (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antara Kalsel)
"Di tengah-tengah lahan yang terbatas, petani kita bisa memanfaatkan lahan dan air yang tersedia dengan maksimal untuk bertanam bawang merah,"katanya
Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Kelompok Tani (Poktan) Sait Kuning, Desa Kapuh, Kecamatan Simpur, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)  menyelenggarakan syukuran panen perdana Bawang Merah dihadiri Bupati HSS H Achmad Fikry.


Kepala Dinas Pertanian (Distan) HSS H.Fathurrahman, di Kapuh, Rabu (20/9), mengatakan, kegiatan ini juga dirangkai semai perdana padi sawah jenis Impari  sembilan, untuk  musim tanam 2017/2018.

"Sebelumnya Bupati HSS juga meresmikan penggunaan air irigasi sumur bor, di Kelompok Tani  (Poktan) Al Hidayah Desa Kapuh Kecamatan Simpur,"katanya.

Dijelaskan dia, kegiatan pengembangan bawang merah untuk tahun  2017 sebanyak 40 hektar di 17 kelompok tani, panen bawang merah Poktan Sait Kuning dilakukan pada umur 58 hari, sejak tanam bawang merah pada 25 juli 2017 yang lalu.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mngatakan, dengan panen bawang kali ini, maka kedepannya sudah tidak perlu lagi tergantung dengan bawang merah luar daerah, saat memberikan sambutan syukuran panen di Kapuh, Kecamatan Simpur, Rabu (20/9) pagi .

"Di tengah-tengah lahan yang terbatas, petani kita bisa memanfaatkan lahan dan air yang tersedia dengan maksimal untuk bertanam bawang merah,"katanya.

Ia mengharapkan, kepada para kelompok tani agar bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik.

Begitupun, para kelompok tani untuk aktif mengikuti musyawarah desa sehingga juklak dan juknis desa, lebih mengarah pada mensejahterakan masyarakat pada bidang pertanian, sehingga kalau petani sejahtera, maka sejahteralah masyarakat HSS.

Ia mengingatkan, agar dinas terkait yang menangani pembinaan desa dan juga camat, bisa mendorong kemajuan usaha para petani, karena setiap desa nantinya akan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Adanya Bumdes, bertugas utamanya dalam mengamankan dan memenuhi kebutuhan petani seperti pupuk dan lain sebagainya.

Kegiatan  ini ditandai dengan panen bawang yang dilakukan Bupati HSS bersama Wakil Bupati H Ardiansyah, Ketua DPRD Syamsuri Arsyad, Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko dan Kepala Distan Kabupaten HSS H Fathurrahman.

Turut berhadir, Dandim 1003 Kandangan Letkol Infanteri Gufron, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan Hubriansyah, para kepala OPD, para camat, pimpinan perbankan, BUMN, BUMD dan para anggota kelompok tani.

Editor: Fathurrahman

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga