Selasa, 17 Oktober 2017

Satpolairud Tanbu Sosialisasi Jaket Pelampung Ke Nelayan

id satpolairud, polres tanbu
Satpolairud Tanbu Sosialisasi Jaket Pelampung Ke Nelayan
Polwan dari Satpolairud Polres Tanah Bumbu Bripka Meisarah memasangkan jaket pelampung ke nelayan. (Antarakalsel/foto/ist)
Jaket pelampung merupakan kebutuhan utama dalam berlayar jadi nelayan wajib menggunakannya,
Banjarmasin, (Antara) - Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Tanah Bumbu (Tanbu) menyosialisasikan alat keselamatan berupa jaket pelampung ke nelayan di kota setempat.

"Jaket pelampung merupakan kebutuhan utama dalam berlayar jadi nelayan wajib menggunakannya," kata Kasat Polairud Polres Tanah Bumbu AKP Parman di Batulicin, Jumat.

Menurut Parman, jaket keselamatan atau life jacket menjadi elemen penting dalam sebuah kapal, tak terkecuali bagi kapal-kapal kecil yang biasa nelayan gunakan.

"Faktanya saat ini masih banyak nelayan yang berlayar mencari ikan tak memiliki jaket pelampung, maka dari itu sosialisasi alat utama keselamatan terus kami gelar secara rutin di setiap kesempatan bertemu warga pesisir," ucap Parman.

Terus dikatakannya, dalam setiap sosialisasi, anggota Polairud Tanah Bumbu juga membagikan secara gratis jaket pelampung tersebut.

"Sosialisasi dan pembagian jaket pelampung terus dilakukan karena kami sangat peduli dengan keselamatan para nelayan dan awak kapal lainnya," tutur Parman lagi.

Dia juga mengatakan, jika terjadi hal tak diinginkan di tengah laut atau di sungai yang arusnya deras, jaket pelampung dirancang untuk membantu pemakainya tetap mengapung dengan mulut dan hidung berada di atas permukaan air atau pada saat berada dalam air.

"Kalau tidak bisa membelinya, sebenarnya warga bisa membuatnya sendiri secara sederhana terbuat dari busa steriofoam yang dibungkus di dalam baju pelampung dan lebih bagus lagi dilengkapi dengan lampu yang hidup bila baterainya terendam air serta peluit," ujar Kasat Polairuda Polres Tanah Bumbu. 

Editor: Gunawan Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga