Rabu, 18 Oktober 2017

Pelindo Banjarmasin Tambah Fasilitas Bongkar Muat

id Pelindo
Pelindo Banjarmasin Tambah Fasilitas Bongkar Muat
. (Antaranews Kalsel/ist.)
Selain itu, kita juga menambah beberapa alat pendukung bongkar muat lainnya, untuk memperlancar waktu penurunan barang,
Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - PT Pelindo III Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menambah fasilitas bongkar muat dengan berbagai peralatan canggih yang mampu mendorong kecepatan bongkar muat barang dari kapal ke angkutan yang telah disiapkan.

General Manager Pelindo III Banjarmasin Fariz Hariyoso di Banjarmasin, Rabu, mengatakan, peningkatan fasilitas tersebut juga sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus meningkatkan pelayanan bagi masyarakat maupun investor.

Beberapa fasilitas bongkar muat yang bakal segera datang antara lain tujuh unit Reach Steaker, lima forklift dan RTG.

Reach Steaker tersebut diperkirakan harganya mencapai Rp6 miliar per unit, sedangkan untuk harga forklift mencapai Rp800 juta per unit.

Reach Stacker adalah alat yang dapat bergerak yg memiliki spreader digunakan untuk menaikkan atau menurunkan ( lift on / lift off ) container di dalam CY ( container yard ) atau Depo Container.

Menurut Faris, kondisi fasilitas RTG yang berasal dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang tersebut, dipastikan masih sangat baik untuk menunjang aktifitas pelabuhan.

Menurut Fariz, untuk mendukung aktivitas bongkar muat saat ini pihaknya telah memiliki container crane (CC) sebanyak 6 unit, rubber tyred gantry cranes (TRG) sebanyak 16 unit dan akan ditambah 6 unit yang di datangkan dari Semarang pada akhir tahun ini.

"Selain itu, kita juga menambah beberapa alat pendukung bongkar muat lainnya, untuk memperlancar waktu penurunan barang," katanya.

Penambahan alat bongkar muat tersebut, untuk mengimbangi arus bongkar muat di Trisakti, yang setiap tahunnya semakin meningkat, mencapai rata rata diatas 30 ribu boks perbulannya.

Seiring pertumbuhan ekonomi Kalsel, saat ini menempatkan Pelindo III Banjarmasin termasuk pelabuhan yang cukup padat di Indonesia.

Selain menambah alat, tambah dia, Pelindo III juga berupaya memperluas lokasi penumpukan kontainer. Seperti di bekas lokasi semen tonasa seluas 1,5 hekter, yang kini bisa menampung 200 ribu box kontainer pertahun dimulai awal 2018 mendatang.

"Di tahun 2017 Pelindo III Banjarmasin akan menambah beberapa fasilitas untuk meningkatkan layanan kepelabuhanan," kata Fariz saat bersilaturahmi dengan insan pers beberapa waktu lalu.

Saat ini lahan penumpukan (CY) yang dimiliki Pelindo III Banjarmasin telah mencapai 3,5 hektar yang bisa menampung 700 ribu box kontainer per tahun.

Editor: Ulul Maskuriah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga