Senin, 23 Oktober 2017

Pembalap Pelatnas Unjuk Kemampuan Di China

id balap sepeda,
Pembalap Pelatnas Unjuk Kemampuan Di China
. (Antaranews.com)
Jakarta, (Antaranews Kalsel) - Pembalap pelatnas dari disiplin down hill (DH) dan MTB mendapatkan kesempatan untuk unjuk kemampuan pada kejuaraan sepeda gunung Asia 2017 di Xuancheng, China, pada 13-14 Mei, yang diharapkan meraih hasil terbaik.

"Melihat kemampuan pembalap kami optimistis mampu memberikan yang terbaik meski ada beberapa negara yang bakal menjadi pesaing kita seperti dari Taiwan dan Jepang," kata manajer timnas Budi Saputro saat dikonfirmasi dari Jakarta, Rabu.

Taiwan dan Jepang, kata dia, merupakan lawan berat pembalap DH Indonesia. Pada kejuaraan ini, pembalap pengalaman Tanah Air bakal turun. Untuk sektor putra ada nama Popo Ario Sejati, Khoiful Mukhib, Hildan Afosma Katana hingga Robet Agung Wahyudi.

Untuk sektor putri, Indonesia bakal menurunkan pembalap dengan peringkat 48 UCI yaitu Tiara Andini Prastika dan peringkat 60 UCI, Nining Purwaningsih. Sebelum turun di China, pembalap andalan ini juga dibeberapa kejuaraan termasuk Indonesian Downhill 2017.

"Popo, Mukhib dan Tiara merupakan pembalap andalan Indonesia di kejuaraan ini. Kami berharap mereka benar-benar menunjukkan kemampuan terbaiknya. Mohon doanya," kata Budi Saputro menambahkan.

Jika sektor putra Taiwan dan Jepang menjadi pesaing, untuk sektor putri pesaing ketat bakal datang dari pembalap Thailand dan Jepang. Meski demikian, pembalap Indonesia mengaku sudah siap karena sudah cukup mengenal dengan karakter calon lawan.

"Saya cukup yakin karena saya memiliki peringkat yang lebih baik. Itu akan menambah rasa percaya diri. Saya akui lawan berat di kejuaraan ini adalah pembalap Thailand dan Jepang," kata pembalap DH putri, Tiara Andini Prastika.

Sementara itu untuk disiplin MTB, Indonesia mengirimkan dua atlet. Adalah Zainal Fanani yang merupakan pembalap pelatnas serta Dicky Tri Syahputra yang selama ini mengembangkan karir balapnya di Italia.

Kedua pembalap ini sudah dikenal cukup berpengalaman. Zainal Fanani merupakan pembalap yang lagi naik daun setelah mampu merebut medali emas PON 2016 dari genggaman pembalap asal Jawa Barat yang selama ini menguasai disiplin MTB di Tanah Air.

Untuk uji kemampuan di China, pembalap terbaik Indonesia saat ini itu dikawal oleh pelatih yang cukup berpengalaman. Sebut saja Oki Raspati, Zaenul Siswanto serta mantan pebalap DH Indonesia, Sugianto "Hoho" Setiawan./f

Editor: Asmuni Kadri

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga