Jumat, 20 Oktober 2017

Legislator : Perlu Maksimalkan Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan

id Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan, H Hamsyuri, Sumber Daya Kelautan
Namun dalam memanfaatkan sumber daya kelautan dan perikanan tersebut harus tetap mematuhi peraturan perundang-undangan agar tetap pula terjaga kelestarian lingkungan, terlebih terhadap nuftah yang mendapatkan perlidungan,
Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan H Hamsyuri berpendapat, perlu memaksimalkan pemanfaatan sumber daya keluatan di provinsi tersebut.

Sementara sumber daya kelautan Kalimantan Selatan (Kalsel) cukup potensial, seperti di Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu (Tanbu) dan Kabupaten Tanah Laut (Tala), ujarnya saat berada di ruang kerja Wakil Ketua DPRD provinsi tersebut di Banjarmasin, Senin.

Pasalnya perairan pantai laut wilayah timur Kalsel tersebut berbatasan Laut Sulawesi, Selat Makassar dan Lanjut Jawa (Laut Indonesia) yang kaya sumber daya kelautan dan perikanan.

Oleh sebab itu, menurut wakil rakyat asal daerah pemilihan (dapil) Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Tanbu tersebut, dengan pemanfaatan secara maksimal terhadap sumber daya kelautan akan lebih meningkatkan perekonomian daerah atau ekonomi kerakyatan setempat.

Selain itu, dapat menambah cadangan devisa negara Indonesia melalui kegiatan ekspor atas pemanfaatan maksimal dari sumber daya keluatan, lanjut pensiunan pegawai negeri sipil yang bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa tersebut.

"Namun dalam memanfaatkan sumber daya kelautan dan perikanan tersebut harus tetap mematuhi peraturan perundang-undangan agar tetap pula terjaga kelestarian lingkungan, terlebih terhadap nuftah yang mendapatkan perlidungan," lanjutnya.

Sebagai contoh kawasan konservasi terumbu karang serta penyu hijau yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara, yang pada gilirannya dapat mendatang duit sebagai sumber daya perekonomian, demikian Hamsyuri.

Editor: Imam Hanafi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga