Selasa, 24 Oktober 2017

Pemkab Magetan Kembangkan Wisata Air Terjun Tirtosari

id air terjun, air terjun tirtosari
Pemkab Magetan Kembangkan Wisata Air Terjun Tirtosari
(net.)
Magetan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur, mengembangkan potensi objek wisata Air Terjun Tirtosari yang berada di lereng Gunung Lawu, Desa Ngancar, Kabupaten Magetan.


Kepala UPTD Telaga Sarangan, Kuswinardi, Minggu, mengatakan, Air Terjun Tirtosari terletak dalam satu kawasan objek wisata Telaga Sarangan di Kecamatan Palosan.

"Dalam pengelolaannya, Pemkab Magetan bekerja sama dengan Perhutani dan lembaga masyarakat desa hutan setempat," ujar Kuswinardi kepada wartawan.

Menurut dia, Air Terjun Tirtosari merupakan salah satu tujuan wisata yang digarap untuk lebih mengoptimalkan lagi tingkat kunjungan di Telaga Sarangan.

Karena untuk mengunjugi objek tersebut, wisatawan harus masuk ke dalam kawasan objek wisata Telaga Sarangan. Diperkirakan jaraknya sekitar 2,5 Kilometer dari telaga dengan medan jalan yang menanjak.

Ia mejelaskan, secara umum cukup banyak tujuan wisata yang ada di kawasan lereng Gunung Lawu yang layak dikembangkan. Hanya saja, butuh kerja sama dengan pihak terkait untuk mengelolanya.

Adapun sejumlah tempat menarik lain yang dapat dikunjungi di kawasan setempat antara lain, Air Terjun Pundak Kiwo, Watu Ondo, Jarakan, dan Telaga wahyu. Juga wisata kuliner dan wisata agrobisnis di sepanjang jalur tembus Magetan-Karang Anyar, Jawa Tengah.

"Diharapkan dengan pengoptimalan obyek wisata yang ada disekitarnya, tingkat kunjungan ke kawasan Telaga Sarangan meningkat," paparnya.

Semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Sarangan, maka akan meningkatkan Pendapatan asli daerah (PAD) yang diperoleh dari omzet pos retribusi objek wisata Telaga Sarangan di Kabupaten Magetan.

Dimana, target PAD dari sektor Telaga Sarangan untuk tahun 2014 ditetapkan sebesar Rp5,2 miliar. Untuk tahun 2015, target diperkirakan naik berkisar 10 hingga 20 persen./

Editor: Imam Hanafi

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga