Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, dinilai terbaik nasional dalam penanggulangan bencana daerah.

Hal itu dikatakan Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh pada apel gabungan di Martapura, Senin.

Menurut dia, setelah sukses memborong prestasi nasional di tahun 2012, daerah ini pada 2013 kembali mengulang sukses dengan meraih beberapa penghargaan sekaligus.

Tiga prestasi nasional terbaru BPBD Banjar meliputi Juara I Kategori Akuntabilitas Nasional BPBD Kabupaten/Kota, Juara II Kategori Pengelolaan Losgistik Peralatan Tingkat Nasional, dan Juara III Kategori Kedaruratan.

Selain itu BPBD Kabupaten Banjar juga Juara III Kategori Pengelolaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Tingkat Nasional.

Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh tampak terharu saat memberikan sambutan sekaligus ucapan selamat kepada jajaran BPBD Banjar yang sukses mengangkat citra daerah melalui prestasi nasional terbaru.

Bupati yang dikenal sebagai mantan Kepala Dinas Kimpraswil Kota Banjarmasin ini mengungkapkan kebanggaan dan terima kasih atas kerja keras dan dedikasi jajaran BPBD Banjar hingga membawa nama harum daerah.

Bupati juga mengungkapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat dan organisasi sosial, seperti Palang Merah Indonesia (PMI) dan jajaran Dinas Kesehatan yang selama ini turut siaga membantu penanggulangan banjir di daerah.

Dikemukakan Bupati, prestasi nasional yang diraih bukan sebuah titik akhir untuk meningkatan kewaspadaan terhadap bencana alam. Ini mengingat bencana yang datang tidak bisa diprediksi bahkan terjadi dengan tiba-tiba.

Langkah strategis daerah untuk menyikapi terjadinya bencana, lanjut Khairul Saleh adalah sikap siga dan langkah cepat dalam penanggulangan, dan ini diperankan BPBD dalam penanggulangan bencana terutama dalam menghadapi musibah banjir.

Bupati Sultan H Khairul Saleh juga mengingatkan sikap siaga terhadap bencana tidak hanya dilakukan saat terjadi bencana, tetapi juga kewaspadaan setelah bencana.C

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013