Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor yang biasa disapa Paman Birin beserta Hj Raudhatul Jannah Sahbirin menghadiri upacara peringatan Hari Jadi ke 67 Kabupaten Hulu Sungai Utara yang dilaksanakan di Lapangan Pahlawan Amuntai, Selasa.

Sejumlah tokoh turut menghadiri Peringatan Hari Jadi HSU diantaranya anggota DPR RI Syaifullah Tamliha, Mantan Bupati HSU periode 2007-2012 H.Aunul Hadi Idham Chalid, mantan Wakil Bupati HSU H Syahdillah.

Beberapa pejabat Pemerintah Provinsi Kalsel juga hadir seperti perwakilan DPRD, Polda dan Korem 101 Antasari. Ketua Pengadilan Agama dan lainnya.

Sejumlah kepala daerah yang berhadir seperti Bupati Barito Kuala dan  Barito Timur, Wakil Walikotamadya  Banjarbaru dan perwakilan bupati se Kalsel.

Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor dalam amanatnya mengajak masyarakat di Hulu Sungai Utara untuk memantapkan langkah menuju masa depan yang lebih baik.

"Pemerintah daerah dan masyarakat harus terus bergerak menghadapi era global yang semakin ketat sehingga mampu bersaing dengan kabupaten lainnya di Indonesia," Ujar Sahbirin.

Sahbirin yakin masyarakat HSU memiliki potensi dan kemampuan untuk bersaing terbukti beberapa prestasi ditingkat nasional berhasil diraih seperti bidang pendidikan, kearsipan, kesehatan dan lainnya.

Sahbirin menyampaikan, dari tahun ke tahun Kabupaten HSU terus mengalami kemajuan khususnya dibawah kepemimpinan Bupati Abdul Wahid dan wakilnya H Husairi Abdi yang memimpin HSU selama dua periode.

"Perubahan nyata sangat terlihat dari tata kelola pemerintahan yang semakin baik diantaranya berhasil mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian selama tiga tahun berturut-turut," katanya

Kabupaten HSU juga berhasil mendapatkan status sebagai Kabupaten Layak Anak Kategori madya serta pembangunan sarana infrastruktur hingga kepelosok pedesaan.

Sahbirin juga mengapresiasi Pemda HSU  yang tetap konsisten melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan dengan memperhatikan fungsi fungsi ekologis lingkungan hidup dalam melaksanakan pembangunan fisik 

"Saya berharap pemda dan masyarakat HSU tetap konsisten meningkatkan berbagai kemajuan dan prestasi yang sudah diraih sehingga kesejahteraan masyarakat juga terus meningkat," tandasnya.

Sementara Bupati HSU Abdul Wahid mengatakan, memasuki usia ke 67 tahun Kabupaten HSU menjadi daerah otonomi yang lebih baik, dengan visi yang ingin dicapai melalui sembotan MANTAP akronim dari kata Maju, Mandiri, Sejahtera, Agamis dan Produktif.

"Melalui moment Hari Jadi ke 67 kita ingin menyegarkan semangat kita bersama guna meneguhkan kesadaran bahwa banua yang kita cintai ini adalah rumah kita bersama yang harus kita bangun dan majukan bersama," katanya.

Peringatan Hari Jadi ke-67 Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) dengan meangkat tema "begawi behimat, hasil babarkat, HSU mantap" turut dimeriahkan oleh sajian tari daerah yang dibawakan Sanggar Air HSU.

Seiring Hari Jadi juga diresmikan peluncuran Portal HSU dan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kependudukan (SIMpun) oleh Dinas Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Penyerahan bantuan program CSR dari Bank Kalsel dan Bank Rakyat Indonesia kepada Pemerintah Daerah dilanjutkan peninjauan pameran pembangunan.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019