Calon jamaah haji gabungan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kota Banjarmasin ditetapkan menjadi kloter pertama keberangkatan haji 2019 di Embarkasi Banjarmasin, Kalsel.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi di Banjarmasin, Rabu mengatakan, ditetapkannya Calhaj gabungan dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Banjarmasin ini sebagai kloter pertama sesuai gelar qurah atau pengundian yang dilakukan.

"Kloter pertama Calhaj Embarkasi Banjarmasin akan diberangkatkan pada 9 Juli 2019," tuturnya.

Jumlah perkloternya, ungkap Noor Fahmi, sebanyak 320 orang, yakni berangkat dari Bandara Syamsuddin Noor menuju kota Madinah Arab Saudi, untuk gelombang pertama keberangkatan haji nasional.

Untuk kloter kedua sesuai ketetapan dalam pelaksanaan qurah, yakni Calhaj dari Kabupaten Tabalong, kloter ketiga Calhaj dari Kabupaten Banjar, kloter keempat Calhaj dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Sementara itu, lanjut dia, untuk kloter kelima adalah Calhaj penggabungan dari Kabupaten Tapin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Kloter keenam, adalah Calhaj penggabungan dari Hulu Sungai Utara (HSU) dan Kabupaten Banjar. Kloter ketujuh adalah Calhaj gabungan Tanah Bumbu dan Kota Banjarbaru.

"Kemudian kloter delapan itu adalah Calhaj dari Kalimantan Tengah yang masuk dalam Embarkasi kita," paparnya.

Kloter kesembilan adalah Calhaj gabungan dari Kabupaten Kotabaru, HST dan Banjarmasin.

"Kemudian kloter kesepuluh dan kesebelas diselang keberangkatan Calhaj dari Kalteng lagi," ujar Noor Fahmi.

Sementara itu, kloter kedua belas adalah Calhaj gabungan Kalsel dan Kalteng. Kloter ketiga belas adalah Calhaj dari Kalteng.

Baru, lanjut dia, Kloter keempat belas adalah Calhaj dari Kota Banjarmasin. Kloter kelima belas dari Kalteng lagi.

Kloter keenam belas adalah Calhaj gabungan dari Kabupaten Balangan, Tabalong dan Banjarmasin. dan tujuh belas adalah Calhaj gabungan dari Tanah Laut dan Banjarmasin.

Untuk kesiapan keberangkatan Calhaj di Embarkasi Banjarmasin dinyatakan Noor Fahmi sudah dilakukan, termasuk kesiapan asrama haji.

"Kuota haji daerah kita sebanyak 3.831 orang, insya Allah akan ada tambahan dari pemberian tambahan haji nasional oleh pemerintah Arab Saudi sebanyak 10.000," bebernya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019