Prestasi tersendiri ditorehkan aplikasi game atau permainan "Si Tala" milik Polres Tanah Laut ketika gelaran acara puncak Millennial Road Safety Festival di Kalimantan Selatan pada Minggu (17/3).

Tercatat ada 11.547 pemain online secara bersamaan untuk memainkan permainan tentang simulasi tertib dan aman berlalu lintas tersebut.

"Hari ini Polda Kalsel berhasil mencatat sejarah untuk permainan edukasi lalu lintas dengan pengunduhan sekaligus bermain secara bersama-sama terbanyak," kata Senior Manager Museum Rekor-Dunia Indonesia atau MURI Yusuf Ngadri.

Bahkan pada acara yang berlangsung di Area Car Free Day Kantor Gubernur Kalsel Jalan Trikora Banjarbaru itu, sudah 17.603 orang yang mengunduh aplikasi game Si Tala.

Yusuf mengungkapkan, unduhan terbanyak tentang game lalu lintas sebelumnya dilakukan oleh Polda Banten dengan 5.502 orang pada tahun 2017. Sedangkan permainan serupa yang dilakukan secara bersamaan dipegang Jakarta dengan jumlah 1.302 orang.

"Ini Kalsel luar biasa. Memecahkan rekor dengan jumlah yang begitu banyak dan berkali-kali lipat dari sebelumnya," tutur Yusuf mewakili Ketua Umum MURI Jaya Suprana untuk menyerahkan piagam penghargaan kepada Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani yang didampingi Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Muji Ediyanto.

Sebelumnya Satlantas Polres Tanah Laut dan Ditlantas Polda Kalsel memang mengajak masyarakat khususnya generasi milenial untuk men-download 
aplikasi game Si Tala di Google Playstore sejak 13 Maret sampai 17 Maret 2019.

Bagi yang bisa memainkannya hingga mencapai level tertinggi, akan mendapatkan hadiah uang Rp 1 juta plus SIM gratis untuk juara 1 dan Rp 500 ribu plus SIM gratis bagi juara favorit.

Pemainnya juga diminta mem-follow Instagram @milennial.kalsel dan @roadsafetyfest.id serta capture dan upload ke akun media sosial pengguna dengan menyertakan caption se-kreatif mungkin.

Diketahui jika permainan berbasis teknologi informasi di smartphone bernama Si Tala merupakan gagasan Kapolres Tanah Laut AKBP Sentot Adi Dharmawan yang memang terus berinovasi membuat beragam terobosan untuk pelayanan Kepolisian lebih baik bagi masyarakat.
Si Tala resmi diluncurkan oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani ketika kunjungan kerjanya ke Polres Tanah Laut di Kota Pelaihari pada 8 Januari 2019 lalu.

Diharapan dengan adanya edukasi berbentuk game tersebut, dapat meningkatkan minat masyarakat untuk membuat Surat Izin Mengemudi (SIM).

Dimana dalam permainan, disimulasikan  pemainnya dianggap sebagai seorang yang baru belajar mengemudi dengan dihadapkan rambu-rambu dan aturan berlau lintas yang harus dipatuhi.

Adapun misi pemain dalam berkendara harus sebaik mungkin sambil mengumpulkan koin emas yang bertebaran di jalan. Sepanjang jalan dilalui juga berisi penjelasan tentang berbagai rambu lalu lintas dan peraturan lampu lalu lintas, sehingga di akhir permainan, akan mendapatkan SIM bagi yang memenuhi kriteria kelulusan.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019