Kedatangan jemaah haji kelompok terbang 2 Embarkasi/Debarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan lebih awal setengah jam dari jadwal yang ditetapkan sebelumnya.


Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 8202 yang mengangkut jemaah asal Kabupaten Banjar mendarat di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pukul 11.15 Wita dari jadwal kedatangan pukul 11.45 Wita.

Hujan lebat yang mengguyur Kota Banjarbaru dan sekitarnya menyambut kedatangan jemaah yang dari pesawat langsung di antarkan menggunakan bus menuju asrama haji untuk menjalani penerimaan resmi panitia setempat.

"Kedatangan jemaah yang lebih cepat setengah jam dari jadwal ini merupakah berkah bagi kita semua," ujar Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin Abdul Halim Ahmad di Banjarbaru, Selasa.

Ia mengatakan hal itu didampingi Wakil Bupati Banjar Fauzan Saleh saat menyambut kedatangan 325 jemaah haji kloter 2 di aula Jedah lingkungan Asrama Haji Embarkasi/Debarkasi Banjarmasin.

Menurut Halim yang juga menjabat Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalsel, berkah yang diperoleh jemaah tidak lain karena balasan atas kesabaran saat pemberangkatan lalu yang tertunda selama 12 jam.

Pemberangkatan jemaah kloter 2 yang seluruhnya berasal dari Kabupaten Banjar pada 26 September 2012 sempat tertunda selama 12 jam karena kerusakan pesawat yang mengangkut jemaah menuju Jedah.

"Makanya seluruh jemaah patut mensyukuri kedatangan yang lebih cepat ini dan terpenting seluruhnya dalam keadaan sehat dan selamat kembali ke tanah air," ungkap orang nomor satu di jajaran Kemenag Kalsel itu.

Wakil Bupati Banjar Fauzan Saleh berpesan agar jemaah bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah sehingga mendapat haji yang mabrur disamping menjaga sikap dan perilaku di tengah masyarakat.

"Kebiasaan shalat di tanah suci seperti shalat 40 waktu tanpa putus di Madinah hendaknya dibiasakan agar terpancar kemabruran disamping ibadah lain yang ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya," pesan dia.

Salah seorang jemaah Bahran mengatakan, selama menjalani rangkaian ibadah haji dirinya tidak mengalami kendala berarti kecuali cuaca panas terutama di madinah sehingga banyak yang batuk-batuk.

"Banyak jemaah yang batuk-batuk karena tidak tahan menghadapi cuaca panas di Madinah, sedangkan kendala lain bisa dihadapi berkat kesabaran dan kebersamaan seluruh jemaah," katanya.

  Sementara itu, jemaah kloter 3 sebanyak 325 orang termasuk petugas haji yang seluruhnya berasal dari Kota Banjarmasin dijadwalkan tiba di tanah air tanggal 9 November 2012 pukul 20.30 Wita./D.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012