Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Legislatif Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan(Kalsel) memperjuangkan putra-putri di daerah terpencil agar mendapatkan kesempatan yang sama untuk dapat mengenyam pendidikan tinggi.

Ketua Komisi III DPRD Kotabaru, Denny Hendro Kurnianto, Jumat mengungkapkan, pihaknya telah menggelar rapat konsultasi ke Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan Pendidikan Tinggi (Dikti).

"Dalam kesempatan tersebut kami menyampaikan materi tentang Program Kemahasiswaan dan Pembelajaran bagi putra-putri di daerah melalui program beasiswa," katnya.

Hal itu perlu diangkat ke permukaan hingga penting agar diketahui pemerintah pusat, karena lanjut dia, banyak anak bangsa di daerah-daerah terpencil yang sebenarnya menginginkan untuk mengenyam pendidikan tinggi tetapi terkendala biaya.

Jika benar-benar didata, banyak anak-anak kita yang lulus dari bangku sekolah lanjutan atas (SMA-SMK sederajat) yang tidak melanjutkan kuliah, walaupun sebenarnya mereka sangat menginginkannya.

Sebagian besar dari alasan yang dia terima, dikarenakan kendala ekonomi sehingga tidak mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Oleh sebab itu, politisi PPP ini mengungkapkan, melalui rapat konsultasi di kementerian tersebut untuk menyampaikan aspirasi masyarakat.

Selain itu sekaligus sebagai moment untuk mendapatkan informasi yang maksimal terkait program-program beasiswa bagi masyarakat di daerah, khususnya yang masuk dalam kategori terpencil seperti di sebagian wilayah Kotabaru.

Denny berharap, meski jawaban yang diterima dari kementerian relatif standar dengan program reguler yang sudah ada, namun setidaknya kesempatan yang diberikan bagi daerah dalam menyampaikan usulan ke kementerian bisa diakomodir.

"Jadi bagi daerah-daerah tersebut dipersilahkan untuk menyampaikan usulan, bersamaan itu bagi mereka (putra-puteri) yang lulus SMA itu juga dianjurkan mengikuti seleksi dalam penjaringan beasiswa yang sekian banyak diluncurkan diantaranya bidik misi dan lain-lain," kata Denny.

Sehubungan itu, kami (legislatif) akan menyampaikan dan menyosialisasikan kepada masyarakat, bersamaan itu pula akan menggelar rapat kerja bersama dinas atau instansi terkait di daerah.

Setidaknya perlu tidaknya dibuatkan regulasi, khusus dalam menyikapi atau mengakomodir aspirasi masyarakat di daerah-daerah terpencil tersebut.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019