Bupati Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan Dr Ir H Harun Nurasid menyatakan, guru merupakan aktor terdepan dalam membangun di daerah.


"Peran guru sangatlah penting karena tanpa adanya guru manusia tidak akan mampu berkembang,"jelas Harun, Selasa.

Menurutnya, pemerintah tidak akan berhasil membangun "banua" tanpa peran serta dari para guru, yaitu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkarakter dan berkualitas.

Harus ada keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan iman dan takwanya (IMTAK).

Apabila terjadi ketidakseimbangan antara keduanya, maka akan terjadi banyak persoalan yang pelik.

"Mari kita bersama-sama memotivasi anak didik melalui peran dari guru agar generasi penerus kita memiliki IPTEK dan IMTAK yang handal,"tegasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah H Agung Parnowo mengatakan bahwa jumlah guru khususnya guru Sekolah Dasar (SD) di kecamatan Batu Benawa sudah mencukupi yaitu sebanyak 113 orang guru.

"Hal ini membuktikan bahwa penyebaran guru di beberapa kecamatan sudah merata,�ungkapnya.

Agung memaparkan bahwa berkembangnya PGRI di HST karena kebersamaan yang terjalin serta adanya solidaritas dari semua anggota PGRI.

Adanya koperasi guru juga akan lebih membantu mensejahterakan para guru, terangnya.

Menjadi seorang guru haruslah memiliki kharisma dari dalam diri sehingga anak didiknya lebih cepat menangkap ilmu dan pelajaran yang guru berikan.

  Pada acara tersebut seperti biasa di serahkan cendera mata untuk guru yang purna tugas sebanayk 6 orang dan yang mutasi sebanyak 2 orang./D.
(T.I022/B/S006/S006) 18-09-2012 19:10:38

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012