Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina meraih penghargaan katagori dapat melaksanakan deit kantong plastik di wilayah yang dipimpinnya dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara.
       
Penganugrahan diberikan kepada wali kota Ibnu Sina pada gelar penyerahan penghargaan LKBN Antara 2019 dan gathering dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-81 LKBN Antara di Mahligai Pancasila, Rabu (9/1/2019).
       
Apresiasi LKBN Antara terhadap langkah Wali Kota Ibnu Sina dalam keberhasilannya menerapkan pengurangan sampah kantong plastik khususnya di toko moderen ini dituangkan dalam sebuah prasasti tulisan dalam bingkai.
      
Penyerahan dokumen artikel berjudul "Sang Pionir pengurangan plastik" dari LKBN Antara itu langsung dilakukan Direktur Utama LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat didamping Kepala Biro LKBN Antara Kalsel Aulia Badar.
      
Wali Kota Ibnu Sina menyatakan sangat berterima kasih atas penghargaan dari kantor berita milik negara ini, sebab apresiasi ini sebagai motivasi pemerintah kota untuk konsisten memerangi sampah plastik.
      
"Penghargaan ini untuk seluruh warga Kota Banjarmasin, terimakasih kepada komunitas RT, RW dan satgas kebersihan, khususnya dukungan para toko moderen yang mematuhi aturan tanpa ada kantong plastik bagi konsumennya," papar Ibnu Sina.
      
Menurut dia, dengan dipatuhinya Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 18 tahun 2016 tentang larangan penggunaan kantong plastik di toko moderen, maka Banjarmasin dapat mencegah sampah kantong plastik hingga 50 juta lembar pertahunnya.
      
"Dengan bertahap, kita akan terapkan juga nantinya ke pasar-pasar tradisional, insya Allah bisa dengan dukungan semua pihak, karena ini untuk kemaslahatan bersama," bebernya.
     
Sebab, tutur Wali Kota Ibnu Sina, tanah dan sungai hingga lautan di dunia ini sudah dipenuhi sampah, khususnya plastik yang sudah terurai hingga mencemari dan bisa merusak alam.
     
"Jadi kita sadari semua, ini untuk kepentingan jangka panjang," tegasnya.
     
Sementara itu, Kepala Biro LKBN Antara Kalsel Aulia Badar menyatakan, penilaian LKBN Antara terhadap keberhasilan Banjarmasin dapat melakukan pengurangan sampah plastik ini sesuai pengumpulan data dan informasi pemberitaan.
      
Di mana, kata dia, masa kepemimpinan Wali Kota H Ibnu Sina dan Wakilnya H Hermansyah untuk periode 2016-2021 untuk program mereka dalam pengurangan  sampah kantong plastik di pasar dan toko moderen tersebut menjadi contoh nasional bahkan tersohornya mendunia.
     
"Meskipun ada program lain, tapi ini yang sangat menonjol dan patut dicontoh dan diapresiasi semua," pungkasnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019