Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Bupati  Barito Kuala, Kalimantan Selatan Hj Noormiliyani AS  membuka Pameran Pembangunan dalam rangka Hari Jadi ke-59 Tahun 2019, di kawasan Lapangan Sepakbola 5 Desember Marabahan, Senin (7/1). 

Selain itu bupati dan wakil bupati beserta jajaran meninjau stand-stand pameran yang ditampilkan para SKPD, intansti vertikal, BUMN, BUMD, perbankan, dan intansi lainnya.

“Pameran pembangunan ini disamping bertujuan memeriahkan dan menyemarakan Hari Jadi ke-59 Batola, juga untuk menggerakan sektor ekonomi kerakyatan, memberikan wadah promosi produk unggulan daerah, sarana informasi dan komunikasi serta menumbuhkan 
semangat bagi UKM dan usaha sejenisnya agar lebih aktif dalam berbagai usaha perekonomian dan kerajinan sehingga mampu menumbuhkan perkembangan ekonomi kreatif,” katanya pada acara pembukaan. 

Yang lebih penting lagi, tambah dia, melalui pameran diharapkan para pemangku kepentingan dapat menunjukan hasil-hasil yang telah dikerjakan dengan terus mengalami kemajuan dalam upaya meningkatkan pembangunan di berbagai bidang di seluruh wilayah 
Batola. 

“Pameran pembangunan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban pemkab atas berbagai program pembangunan yang sudah dicapai dan secara visual bisa dilihat dan saksikan langsung masyarakat pengunjung,” tutur mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu. 

Ketua Panitia Pelaksana Pameran Pembangunan Harjad ke-59 Batola  HM Aberar mengatakan, pameran pembangunan tahun ini mengalami peningkatan hampir mencapai 120 persen dibanding tahun 2018. 

Menurut  Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) itu menjelaskan, stand untuk SKPD, BUMN, BUMD, perbankan, dan lembaga lainnya semula ditarget hanya 90 buah namun ternyata pesertanya mencapai 111 buah.

Selain stand SKPD, lanjut dia, juga terdapat 100 stand pedagang UMKM yang menjual makanan dan minuman serta berbagai jenis dagangan lainnya yang pembangunannya difasilitasi dari dana pemda. 

Jumlah itu, sebut dia, belum termasuk 30 stand untuk pedagang UMKM yang dibangun dari partisipasi masyarakat. 

“Jika ditotal jumlah seluruh peserta pameran tahun ini mulai dari SKPD dan dinas/intansi sebanyak 111 buah, UMKM sebanyak 100 buah dari bangunan pemerintah, ditambah 30 stand bangunan partisipasi masyarakat maka jumlahnya mencapai 241 stand,” katanya. 

Perayaan Hari Jadi Batola kali ini, jelas dia,  selain dirangkai berbagai kegiatan di atas juga akan menampilkan Komunitas Musisi dan Artis Batola (KMAB), Sabtu (5/1) malamnya. 

Sementara pada Minggu (6/1) malamnya,  lanjut dia, juga ditampilkan Group Band Godbless di Lapangan 5 Desember Marabahan. 

Sedangkan  Senin (7/1), terang dia, akan digelar pembukaan Festival Tari Serumpun dan Sabtunya (12/1) menampilkan Group Band Repvblik serta pembukaan Kejuaraan Bulutangkis, Senin (14/1). 

Acara pembukaan itu  dihadiri Wakil Bupati H Rahmadian Noor beserta isteri Hj Saraswati Dwi Putranti, para anggota forkopimda masing-masing beserta, Sekdakab Batola H Supriyono beserta isteri Hj Sri Wahyuningsih.

Selain itu, juga hadir para pimpinan SKPD masing-masing beserta isteri, dan berbagai lapisan masyarakat. 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019