Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan menggelar jalan sehat kerukunan umat beragama dalam memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 di Banjarmasin, Sabtu.
       
Acara yang dipusatkan di depan Kantor Kanwil Kemenag Kalsel dijalan DI Panjaitan, Banjarmasin Tengah itu diikuti hampir seribu peserta dari berbagai umat beragama.
         
Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Noor Fahmi menyatakan, kerukunan umat beragama di daerah ini akan terus dibina, salah satunya menjalan kebersamaan dalam olahraga gerak jalan sehat.
       
"Karena Kementerian Agama bukan milik satu agama, tapi seluruh agama," tuturnya.
         
Dalam rangka memperingati HUT Kemenag yang ke-73 ini, kata Noor Fahmi, seluruh pegawai Kemenag Kalsel harus bisa menjaga keutuhan bangsa dengan selalu menyerukan kerukunan umat beragama.
         
"Anugerah kerukunan umat beragama di daerah kita ini harus selalu disyukuri, jangan sampai terkoyak sedikit pun," tegas Noor Fahmi.
         
Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang diwakili Plh Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel H Siswansyah meminta Kemenag Kalsel menjadi garda terdepan menjaga kerukunan umat beragama di daerah ini.
       
"Kita sangat syukuri bersama, daerah kita ini tidak pernah sama sekali ada pertikaian antar umat beragama, ini harus terjaga selamanya," papar Siswansyah.
       
Kedamaian berdampingan masyarakat berbeda keyakinan di daerah ini, paparnya, harus menjadi contoh di dunia, sehingga bumi ini bisa damai dan tentram.
       
Dia juga berpesan, agar Kemenag Kalsel bisa sebagai pencerah dan penghadang berita hoax atau propokatif yang bisa memecah belah persatuan bangsa ini, khususnya yang menggunakan isu agama.
         
"Apalagi ditahun politik ini, banyak berita-berita hoax, kita lawan bersama untuk keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa ini yang beraneka ragam suku dan agama," pintanya.
       
Terkait dengan gelar jalan sehat pada peringatan HAB ke-73 ini, Siswansyah menyatakan, dalam tubuh yang sehat akan terbentuk jiwa yang sehat pula.
       
Pada acara jalan sehat ini, Kemenag Kalsel menyediakan ratusan hadiah, bahkan satu unit sepeda motor.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018