Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Manajemen PT Adaro Indonesia, sebuah perusahaan pertambangan batu bara, berkomitmen membina dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) "Banua" (daerah) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).
     
Humas perusahaan pertambangan batu bara itu, Kadarisman mengemukakan komitmen tersebut dalam sambutannya pada penutupan lomba Presenter TV Antara 2018 di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Sabtu (8/12) lalu.
     
"Sejak awal perusahaan kami berkomitmen dalam pembinaan dan peningkatan SDM  dengan bekerjasama dengan pihak lain," tegas mantan wartawan itu mewakili manajemen perusahaan pertambangan batu bara generasi pertama di Kalsel.
     
Sebagai contoh bekerjasama dengan Perum Kantor Berita Indonesia Antara Biro Kalsel, yaitu lomba presenter tv, dan tahun lalu (2017) lomba fotografi, lanjutnya.
     
"Masih banyak lagi kerja sama dalam bentuk kegiatan lain dengan pihak lain, yang kesemuanya itu berkaitan dengan SDM di Kalsel, termasuk membantu/menunjang bidang pendidikan," demikian Kadarisman.
     
PT Adaro merupakan sponsor utama lomba Presenter TV Antara 2018, dan bekerjasama sejak lama dalam pembinaan dan peningkatan SDM bidang kejurnalistikan di Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota.
     
Sementara Kepala Perum Antara Kalsel Nurul Aulia Badar menyatakan terimakasih kepada pihak sponsor yang membantu menyukseskan lomba Presenter TV Antara 2018 dengan peserta sebanyak 120 orang terdiri dari siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dan mahasiswa. 
     
. (Antaranews Kalsel)

Lomba Presenter TV Antara 2018 salah satu upaya menyiapkan presenter-presenter daerah yang handal dan berkualitas, serta siap pakai/kerja, demikian Oly (panggilan akrab terhadap Nurul Aulia Badar) yang baru sekitar dua bulan bertugas di Antara Kalsel.
     
Dalam pembekalan peserta dan penjurian lomba, selain orang-orang internal Antara sendiri, seperti Kepala Produser Antara TV,  juga berkerjasama/melibatkan presenter kawakan dari ANTV dan INews TV.

Berbeda dengan saat semi final, pada final Lomba Presenter TV Antara, peserta mendapatkan materi yang jauh lebih sulit, karena harus membacakan tiga materi sekaligus, yaitu materi wajib, pilihan dan breaking news. 

Para peserta juga diberikan kesempatan untuk membawakan materi dengan duduk dan berdiri, sehingga juri bisa melihat performance masing-masing peserta dengan lebih baik.

Beberapa peserta mengaku, sangat gugup menghadapi sesi penjurian final ini, mengingat adanya materi breaking news yang harus diberikan secara dadakan oleh tim juri.

Bukan hanya peserta, para sportir yang mendukung para peserta juga mengaku gugup, menyaksikan jagoannya membawakan berita dihadapan para juri.

Para sporter yang menyaksikan berjalannya lomba melalui televisi yang disiapkan panitia, tampak tegang menyaksikan setiap peserta yang membawakan materi berita yang dilombakan.

Kepala Biro LKBN Antara Kalsel N Aulia Badar sangat berterima kasih atas dukungan sejumlah pihak yang berperan dalam menyukseskan lomba presenter TV yang pertama kalinya digelar di Kalsel itu. 
     
"Kami sangat berterima kasih kepada sejumlah pihak yang telah mendukung termasuk PT Adaro Indonesia, sehingga pelaksanaan lomba sejak babak penyisihan hingga final bisa sukses," ucapnya.
     
Lomba presenter dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-81 LKBN Antara tersebut didukung oleh PT Adaro Indonesia sebagai sponsor utama dan PT Mubadala Petroleum. 
     
Selain itu, Bank Kalsel memberikan dukungan dengan menyediakan hadiah kepada juara 1, 2 dan 3 baik tingkat SMA maupun mahasiswa yang berhasil meraih juara di babak final. 
     
Acara tersebut, juga didukung penuh PT Astra Agro Lestari,Pemkot Banjarmasin, PT Minamas, PT Pertamina, PT Indocement, PDAM, Perum Bulog, PT Antang Gunung Meratus dan PT Bank Negara Indonesia.
     
Pemenang kategori pelajar diraih Puteri Riztin Perdana Sari siswi SMAN 1 Banjarbaru peringkat kedua Ramina Yudhistira dari SMKN 1 Banjarmasin dan peringkat tiga Eksa Yola T pelajar SMAN 1 Tanjung.
     
Sedangkan tingkat mahasiswa, posisi pertama dan kedua diraih Kristin Juli Saputri dan Rizqa Hasinah, keduanya mahasiswi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, dan tempat ketiga M Sultan Yasfi Labib mahasiswa Politeknik Banjarmasin.
     

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018