Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Produser TV Kantor Berita Antara Sizuka memberikan pembekalan terhadap presenter muda Provinsi Kalimantan Selatan agar bisa menjadi presenter profisional.
       
Sizuka menjadi narasumber dikegiatan pembekalan bagi presenter dari siswa SMA dan mahasiswa pada gelar lomba news presenter Lembaga Kantor Berita Antara Provinsi Kalsel yang digelar di rumah Anno 1925 Banjarmasin, Kamis.
Lomba presenter Antara LKBN Antara Kalsel.

       
Dihadapan ratusan peserta, Sizuka yang sudah mengecap sebagai presenter profisional hingga berpetualang liputan berita keberbagai negara, mengatakan, profisi presenter adalah ikon.
       
Sehingga, kata dia, presenter itu harus memiliki karakter dan kepercayaan tinggi, selain memiliki kemampuan sebagai jurnalistik.
       
"Yang terpenting itu adalah kecerdasan atau isi kepala memang, tidak hanya mementingkan tampang atau fisik yang menawan," tegasnya.
         
Sebab, lanjut dia, presenter yang cerdas itu akan terlihat jelas di dalam layar, tidak hanya cerdas dalam membaca berita, tapi juga cerdas improvisasi.
       
"Jadi harus menguasai betul suasana di depan layar," tuturnya.
       
Untuk bisa mendapat semua itu, Sizuka meminta semua presenter muda di Kalsel untuk terus belajar dan membiasakan bertutur kata dan melatih abjad yang jelas.
       
"Intinya banyak latihan, presenter yang sudah hebat pun tetap terus latihan," paparnya.
       
Yang terpenting lagi, pesan Sizuka, presenter itu harus disiplin waktu, setidaknya 30 menit sebelum siaran sudah siap semuanya.
       
"Saat mau melaksanakan tugas itu, pikiran pun harus clear, tidak bercabang ke sana kemari lagi, fokus hanya untuk mengkabarkan berita yang jelas bagi masyarakat," ujarnya.
       
Adapun pelaksanaan lomba news presenter LKBN Antara Kalsel ini, menurut Kepala Biro LKBN Antara Kalsel Aulia Badar merupakan hal yang baru dilaksanakan pihaknya.
         
"Meski baru kita laksanakan, tapi antusias pesertanya cukup banyak, bahkan melebihi target peserta," ujar Aulia.
       
 Dia menyebutkan, dari kegiatan ini, beberapa TV lokal pun berminat untuk merekrut para presenter terbaiknya.
       
"Saya bersyukur, banyak talenta-talenta mudah Kalsel yang memiliki bakat, kita melaksanakan ini untuk menyalurkannya, moga mereka bisa menjadi presenter handal menasional," pungkasnya.



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018