Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Personel Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Kalsel selalu berupaya hadir untuk memberikan pelayanan baik ke internal anggota Polri maupun masyarakat umum.

"Saya instruksikan anggota agar selalu turun ke lapangan sehingga kehadiran kita dapat dirasakan betul manfaatnya oleh banyak orang," ucap Kabid Dokkes Polda Kalsel AKBP dr Erwin Zainul Hakim.

Apalagi Kedokteran Kepolisian kini dituntut tak hanya melayani anggota Polri saja, namun juga bisa memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat luas.
Jadi di samping terus mengasah kemampuan personel dalam berbagai keterampilan seperti forensik, Disaster Victim Identification (DVI) dan sebagainya, personel Dokkes diharapkan memiliki kepedulian tinggi terhadap sesama.

"Bhakti kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat-obatan secara gratis terus kami perbanyak dilakukan," tutur Erwin.

Bahkan tak hanya dalam agenda terjadwal atau bekerja sama dengan instansi lain, kegiatan personel Dokkes terjun langsung ke tengah masyarakat bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun.
Seperti yang kerap dilakukan pada setiap akhir pekan di Siring Menara Pandang Banjarmasin, personel Dokkes Polda Kalsel menemui para pedagang Pasar Terapung untuk sekadar menanyakan kesehatan warga yang rata-rata kaum hawa itu.

Pelayanan kesehatan yang diberikan diantaranya pemeriksaan tensi, konsultasi dan edukasi serta pemberian obat jika diperlukan.

"Alhamdulilah kebanyakan dari ibu-ibu pedagang Pasar Terapung itu kondisinya sehat. Hal itu mungkin tak lepas dari aktivitas fisik yang mereka lakukan setiap hari dengan mengasuh sanpan. Tentu kami ikut senang melihat kesehatan warga yang terjaga seperti itu," tandas Erwin.

Kemudian personel Dokkes juga sering membagikan masker kepada pekerja di lapangan seperti tukang ojek, pedagang minuman gerobak dan pedagang kaki lima lainnya untuk sekadar mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari polusi udara perkotaan yang buruk.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018