Amuntai, (Antaranews Kalsel) -Pecatur junior asal Kabupaten Hulu Sungai Utara mewakili Kalimantan Selatan Nisfha Dayyana Rahmah Raihan berhasil meraih medali perunggu di Kejuaraan Nasional catur di Banda Aceh.

Atlet catur junior asal Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) lainnya Rizka Aulia Rahmi Raihan juga berhasil masuk 10 besar di Kejurnas yang di helat 10 - 17 Oktober di  Hall Lhong Raya Banda Aceh.

Kebahagiaan kontingen catur asal HSU ini dilengkapi dengan ditingkatnya status Pelatih Nasional Ahmad Raihan Hasa menjadi Pelatoh Nasional penuh dari wasit nasional Pratama WNP menjadi SDN WN.

"Alhamdulillah berkat dukungan Bupati HSU, Ketua KONI dan PC Percasi HSU serta do'a dan dukungan masyarakat atlet catur junior HSU kembali meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional," ujar Raihan di Amuntai, Rabu.

Raihan mengatakan keberhasilan Nishfa meraih medali perunggu setelah sempat melawan atlet catur juara nasional 2016 Aura Cahyati.

Setelah menang di babak pertama melawan pecatur Jawa Timur, di babak kedua Nishfa menahan draw pecatur dari Malaysia Marcella Timoilie yang pada Kejurnas di Aceh tersebut mewakili Jawa Timur.

"Pada babak ketiga Nishfa melawan Aura Cahyati Alifan yang tahun sebelumnya meraih juara catur nasional," terangnya.

Pada Kejurnas catur di Aceh 2018 sebanyak 17 atlet catur dikirim mewakili Kalimantan Selatan, namun hanya pecatur junior HSU Nisfha yang meraih medali perunggu dan Rizka yang masuk 10 besar.

"Mohon doa restu dari masyarakat agar Nishfa tetap diberi kesehatan dan kekuatan berpikir agar bisa terus berprestasi di ajang nasional dan internasional," kata Raihan.

Raihan mengatakan sebelumnya Nishfa juga pernah meraih medali di Kejurnas catur diharapkan atlet cilik HSU ini dapat kesempatan mengikuti event lebih banyak di tingkat Internasional.

Bupati HSU Abdul Wahid dalam beberapa kesempatan mengaku sangat bangga atas keberhasilan KONi dan PC Percasi dalam membina bibit pecatur muda yang kini sudah berkiprah ditingkat nasional dan Internasional.

'Kita harapkan pihak KONI dan PC Percasi terus mencari bibit-bibit atlet muda diberbagai cabang olahraga agar semakin banyak atlet kita bisa berprestasi mengharumkan nama daerah," katanya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018